Pemkab Lebong Pastikan Bantu Warga Terdampak Covid-19

Pemkab Lebong Pastikan Bantu Warga Terdampak Covid-19

RK ONLINE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong, Rabu (06/06/2020), memyerahkan bantuan logistik kepada masyarakat yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Lebong H. Rosjonsyah, S.IP, M.Si kepada camat yang warganya ada yang berstatus ODP. Selanjutnya oleh camat bantuan tersebut diserahkan ke ODP. Bantuan yang diberikan berupa beras, mie instan serta minyak goreng.

Bupati Rosjonsyah mengatakan, kedepan Pemkab Lebong akan menyalurkan secara merata kepada seluruh Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Lebong yang terdampak Covid-19. Dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Sosial (PMDS), camat, lurah dan kades sudah diminta untuk mendata calon penerima di masing-masing desa/kelurahan.

"Bantuan ini akan berlanjut. Semua masyarakat akan kita bagi. Kita tidak melihat siapa. Akan kita bagi. Tentunya warga yang terdampak Covid-19," kata Rosjonsyah.

Ditambahkan Bupati, bantuan tersebut akan disalurkan sesegera mungkin. Masyarakat Lebong diharapkan bersabar, mengingat ada tahapan yang mesti dilaksanakan untuk merealisasikan bantuan tersebut.

"Tentu harus memvalidasi terlebih dahulu datanya. Agar jangan sampai bantuan yang kita salurkan itu tumpang tindih. Umpamanya kalau ada yang sudah mendapatkan BLT dari pemerintah pusat, atau PKH tentu tidak lagi menerima bantuan dari pemerintah daerah," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMDS Reko Haryanto, S.Sos, M.Si mengatakan jumlah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau jumlah warga yang miskin dan rawan miskin di Kabupaten Lebong mencapai 10.780 Kepala Keluarga (KK). Sekitar 6 hingga 7 ribuan KK diantaranya sudah mendapatkan bantuan berupa PKH atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Jadi sisanya nanti sekitar 4.000 KK yang kita prioritaskan untuk mendapatkan bantuan terdampak Covid-19 yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi," singkat Reko.  Pewarta : Eko Hatmono Editor : Candra Hadinata

Sumber: