Orang Tua Keluhkan Ditundanya Layanan Imunisasi

Orang Tua Keluhkan Ditundanya Layanan Imunisasi

RK ONLINE - Warga Tebat Monok Kecamatan Kepahiang Marlon Sinaga, mengeluhkan pelayanan Puskesmas Pasar Kepahiang.

Apa pasal? Imunisasi yang semula ingin dilakukan terhadap sang anak, tak bisa dilakukan dirinya saat menyambangi Puskesmas Pasar Kepahiang.

Padahal sebelumnya, seperti biasa sesuai jadwal dirinya pergi ke Puskesmas dengan tujuan memberikan anaknya imunisasi.

"Seharusnya pelayanan tidak dilakukan penundaan, walaupun kondisi Covid 19. Pihak Puskesmas hanya menentukan jadwalnya saja, sehingga ketika imunisasi tiba, masyarakatnya tidak terlalu ramai," keluh Marlon.

Dia mempertanyakan pihak Puskesmas, siapa yang akan menjamin kesehatan anaknya kelak tanpa imunisasi. Dengan penuh kekecewaan, dirinya pun terpaksa pergi ke daerah tetangga Kabupaten Rejang Lebong untuk mendapatkan vaksin imunisasi.

"Saran saya kepada Puskesmas di Kabupaten Kepahiang, berikan pelayanan terbaik dan bila perlu buat SOP tersendiri terkait pelayanan imunisasi," singkat Marlon. Baca Juga : ASN Maksa “Balik Dusun”, Sanksi Berat Menanti

Terpisah, Kepala Puskesmas Pasar Kepahiang drg. Tresia Widya Astuti menjelaskan, penundaan imunisasi salah satu alasanya lantaran adanya wabah Covid 19. Dijelaskan, di Puskesmas Pasar Kepahiang terdata kisaran 500 Balita mendapatkan pelayanan imunisasi. Dengan situasi yang ada, imunisasi bisa dilaksanakan setuap tanggal 25 setiap bulannya.

"Kita tunda sejak akhir Maret lalu dan hingga sekarang (kemarin,red), karena proses imunisasi yang dilakukan Puskesmas Pasar Kepahiang lokasinya hanya di Puskesmas saja. Kalau layanan imunisasi kita buka, pasti masyarakat akan berkerumuman dan tidak akan bisa terlayani cepat oleh tenaga kesehatan kita," jelas Widya.

Dia merencanakan, layanan imunisasi akan dibuka lagi setelah usai lebaran. Hanya saja teknisnya akan diatur kembali, sehingga tidak menyebabkan kerumunan masyarakat dan seluruh balita yang akan melakukan imunisasi bisa terlayani.

"Jadi balita yang sudah selayaknya untuk imunisasi usai lebaran akan kita buka kembali. Kita juga berharap supaya Covid 19 segera berakhir dan layanan kesehatan akan kembali normal seperti biasanya," demikian Widya. Pewarta : Efran Antoni Editor     : Candra Hadinata 

Sumber: