Dewan Usulkan Rumah Warga Talang Selawe Direlokasi

Dewan Usulkan Rumah Warga Talang Selawe Direlokasi

RK ONLINE - Rumah warga terdampak banjir bandang di Dusun Talang Selawe Desa Air Pesi, Kecamatan Seberang Musi diusulkan direlokasi. Terkhusus 27 27 rumah warga yang juga terdampak jembatan putus dibawa arus sungai.

Wakil Ketua I DPRD Kepahiang, Andrian Defandra, M.Si Rabu (15/04/2020) mengatakan, jika rumah masyarakat tetap berada di pinggir aliran sungai dikhawatirkan kembali dilanda banjir yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Adrian meminta Pemerintah Kabupaten Kepahiang merelokasi seluruh rumah masyarakat ke lokasi yang memadai yang jauh dari aliran sungai. Supaya kedepannya tidak terulang hal serupa.

"Bangunan rumah warga ini sebelumnya merupakan bantuan dari Kementerian Sosial. Jadi kita minta Pemkab Kepahiang dapat merelokasi rumah warga yang berada di pinggir aliran sungai," kata Andrian. Baca Juga : 2 Jembatan Putus, 60 KK Talang Selawe Terisolir

Disampaikan Adrian, relokasi merupakan permintaan masyarakat. Bahkan masyarakat bersedia menghibahkan lahan mereka jika Pemerintah Kabupaten bersedia melakukan relokasi bangunan rumah mereka.

"Masalah lahan, masyarakat bersedia menghibahkan lahan jika akan dilakukan relokasi. Ini sangat perlu dilakukan, kita khawatir keberadaan rumah masyarakat di pinggir sungai itu," jelas Andrian.

Dalam kesempatan itu, Andrian juga menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak banjir. Bantuan berupa sembako untuk memenuhi keperluan dasar masyarakat diserahkan langsung ke lokasi sebagai bentuk kepedulian wakil rakyat.

"Harapan kita bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir. Kita berupaya bersama dengan Pemerintah Kabupaten Kepahiang untuk segera dapat memberikan bantuan perbaikan rumah yang rusak," pungkas Andrian. Pewarta : Reka Fitriani Editor     : Candra Hadinata 

Sumber: