Ditimpa Pohon Durian, Kuburan di Pensiunan Berantakan

Ditimpa Pohon Durian, Kuburan di Pensiunan Berantakan

RK ONLINE - Pohon durian tumbang akibat angin kencang merusak TPU Pensiunan Kecamatan Kepahiang, Senin (09/03/2020) sekitar pukul 05.00 WIB. Imbasnya, 8 petak kuburan dalam kondisi hancur akibat tertimpa pohon berdiameter 120 CM.

Pantauan RK ONLINE di lapangan, pohon tumbang diketahui sudah lama mati dan mulai lapuk. Warga sekitar cukup kesulitan melakukan pembersihan lantaran besarnya ukuran pohon. Agar memudahkan upaya pembersihan, warga terpaksa memotong pohon menjadi beberapa bagian.

"Saat tumbang pertama kali, pohon menimpa tembok TPU. Sebagian pohon yang berukuran besar tetap saja menimpa kuburan, yang sebelumnya sudah ada batu nisannya," terang petugas TPU Kelurahan Pensiunan, Urdiah (66).

Disampaikan, sebelum peristiwa terjadi dia kerap membersihkan rumput liar di lokasi pemakaman. Akibat kejadian di atas, kerugian ditaksir mencapai belasan juta rupiah. Sebagai gambaran, nisan yang rusak rata-rata dijual Rp 2 juta - Rp 2,5 juta/unit.

Sementara itu, pengelola TPU Kelurahan Pensiunan Untung Firdoni mengatakan kejadian di atas baru pertama kali terjadi. Menindaklanjutinya, pihaknya akan segera memberitahukan kejadian kepada masing - masing ahli waris makam yang rusak.

"Pihak keluarga dari masing - masing kuburan itu masih banyak yang belum mengetahuinya. Maka dari itu secepatnya akan kami beritahukan," singkatnya. Pewarta : Hendika Andesta Editor     : Candra Hadinata

Sumber: