Tunggu Izin Perneferi, RSUD Kepahiang Siapkan Layanan Hemodialisa

Kamis 24-10-2024,14:52 WIB
Reporter : Reka Fitriani
Editor : Hendika

Radarkepahiang.id - RSUD Kepahiang tengah menunggu izin yang dikeluarkan Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) sebelum layanan hemodialisa atau layanan cuci darah yang dioperasikan oleh rumah sakit tersebut.

Direktur RSUD Kepahiang dr. Febi Nursanda  menyebutkan bahwa, izin Pernefri sangat penting yang berperan melakukan visitasi untuk menilai kesiapan unit hemodialisa tersebut dan mengeluarkan rekomendasi yang melipu aspek ketenagaan, sarana hingga peralatan yang tersedia.

BACA JUGA:Satuan Pendidikan Madrasah di Kepahiang Uji Coba ANBK

BACA JUGA:Panja DPRD Kepahiang Final Bahas Soal Kode Etik, Ini Hasilnya!

Tak hanya itu, dikatakan Febi dalam melaksanakan layanan cuci darah, rumah sakit juga akan melakukan penandatangan kerjasama operasional dengan pihak ketiga. Ini dalam rangka melengkapi peralatan-peralatan hemodialis.

 

"Tinggal menunggu izin dari Perneferi, baru layanan HD ini bisa dioperasikan, rumah sakit juga akan kerjasama dengan pihak ketiga dalam rangka pemenuhan alat dan bahan habis pakai lainnya," jelas Febi.

 

Sementara menunggu izin tersebut keluar, dikatakan Febi, manajemen rumah sakit juga akan mempersiapkan pelatihan dialis bagi 1 dokter umum dan 3 perawat yang nantinya akan. Yakni, akan mengirimkan tenaga kesehatan tersebut untuk mengikuti pendidikan profesi.

BACA JUGA:Parkir di Teras Aroma Bakery, Aksi Curanmor Terekam CCTv!

BACA JUGA:Jual Foto Prabowo-Gibran, Pedagang di Kepahiang Ngaku Sepi Pembeli!

"Iya, kita akan kirimkan dokter umum dan 3 perawat untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan dialis, hal ini dalam rangka meningkatkan profesionalisme dalam memberikan pelayanan, ini lah yang masih menunggu antrian pelatihannya, " ujar Febi.

 

Disisi lain, kesiapan yang dilakukan RSUD Kepahiang lanjut Febi, ialah berkoordinasi dan mengajukan terkait rencana layanan hemodialisa agar dapat diakses oleh peserta BPJS Kesehatan.

BACA JUGA:Begini Cara Cek Peringkat SKD CAT CPNS 2024

Kategori :