Peluang Besar Tenaga Honorer K2 Langsung Diangkat PPPK Oleh Pemerintah

Senin 29-07-2024,09:53 WIB
Reporter : Reka Fitriani
Editor : Hendika

Peluang Besar Tenaga Honorer K2 Langsung Diangkat PPPK Oleh Pemerintah

Radarkepahiang.id - Jika benar direalisasikan oleh pemerintah, hal yang paling dinantikan oleh para tenaga honorer khususnya Tenaga Honorer Kategori 2 atau K2 adalah, peluang besar diangkat PPPK.

BACA JUGA:5 Jenis Jabatan PPPK Teknis Khusus Tenaga Honorer Administrasi Sekolah pada Seleksi PPPK Tahun 2024

Sebab baru-baru ini ada wacana jika pemerintah pusat akan menetapkan tenaga honorer K2 agar langsung diangkat PPPK. Baik dalam skema paruh waktu maupun pengangkatan tenaga honorer penuh waktu. 

Langkah ini diambil sejalan dengan amanat undang-undang ASN no 20 tahun 2023 yang menuntut penataan tenaga honorer yang ditenggat paling lambat Desember 2024.

 

Dalam upaya tersebut, pemerintah akan membuka formasi dalam seleksi calon Aparatur Sipil Negara (ASN) 2024 secara ekslusif untuk penataan tenaga honorer. Jumlah formasi yang akan dibuka mencapai 221.936 di instansi daerah, formasi tersebut terbagi menjadi 419.146 formasi guru, 417.196 formasi tenaga kesehatan, dan 547.416 formasi tenaga teknis di instansi daerah.

BACA JUGA:PENTING! Hindari 5 Hal Fatal Ini Saat Mengikuti Seleksi PPPK Tahun 2024

Meskipun tes CASN hanya formalitas, data mereka akan didata ulang saat tes. Menurut KemenPAN-RB, para tenaga honorer yang terdafyar di Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan diterima secara otomatis, sementara tes hanyalah langkah formal untuk mendata ulang mereka.

 

Pendaftaran CASN 2024

Pendaftaran CASN 2024 menjadi kesempatan penting bagi tenaga honorer K2 dan tenaga honorer untuk memastikan masa depan karir mereka dalam pelayanan publik. KemenPANRB menekankan bahwa tidak mendaftar ASN berarti tidak akan terdata, yang dapat menghambat kemungkinan mereka untuk diangkat menjadi PPPK.

BACA JUGA:SELAMAT! Tenaga Honorer Masuk Database BKN Langsung Diangkat PPPK Tahun 2024

Dengan demikian, langkah mendaftar CASN 2024 menjadi langkah awal yang penting bagi para tenaga honorer untuk menuju perubahan status yang lebih pasti dalam pelayanan publik. Ini bukan tentang mengubah status pekerjaan, tetapi juga tentang memberikan kepastian dan kesempatan yang lebih baik bagi mereka dalam berkontribusi pada pembangunan negara.

Kategori :