Sertifikasi Mesin Janggal, Toyota Umumkan Penarikan Beberapa Model Kendaraan

Selasa 30-01-2024,14:10 WIB
Reporter : Dicky Pratama
Editor : Hendika

Sertifikasi Mesin Janggal, Toyota Umumkan Penarikan Beberapa Model Kendaraan

RK ONLINE - Toyota baru-baru ini merilis pengumuman jika beberapa model kendaraan yang dipasarkan terpaksa harus ditarik karena ditemukan kejanggalan pada uji sertifikat mesin. Salah satunya dilakukan oleh perusahaan afiliasinya, Toyota Industries, pada 29 Januari 2024.

 

Menurut Toyota Motor, perusahaan induknya, Toyota Industries tidak melakukan uji horsepower output (performa daya kuda) dengan benar untuk sertifikasi tiga model mesin diesel.

BACA JUGA:Daftar Harga Terbaru Tahun 2024 Toyota Rush 2023 Berikut Sederet Keunggulannya

Model-model yang menggunakan mesin bermasalah termasuk Land Cruiser 300, HiAce, Fortuner, Innova, dan Lexus LX500D. Penangguhan pengiriman model-model kendaraan tersebut akan berdampak pada sekitar 36.500 kendaraan Toyota yang diproduksi setiap bulannya.

 

Dalam pernyataan terpisah, Toyota Industries mengakui bahwa para pegawainya mengubah jumlah injeksi bahan bakar agar data "terlihat lebih baik".

 

Presiden Toyota Industries, Koichi Ito, mengakui bahwa ada masalah komunikasi dan koordinasi yang kurang baik dengan Toyota Motor mengenai proses dan prosedur pengujian yang seharusnya dipatuhi.

BACA JUGA:Toyota Rush Bekas, Pilihan Penggemar SUV Murah dan Berkualitas

Toyota Motor menegaskan bahwa mesin dan kendaraan yang terdampak telah memenuhi standar kinerja mesin dan tetap dapat digunakan.

 

Menyikapi isu tersebut, Kementerian Transportasi Jepang akan melakukan investigasi langsung ke pabrik Toyota Industries di Hekinan, Prefektur Aichi, di mana perusahaan tersebut memproduksi mesin-mesin industri dan otomotif.

 

Kategori :