Tidak Koordinasi, Jangan Salahkan DPRD

Kamis 20-10-2022,13:48 WIB
Reporter : Epran Antoni
Editor : Andi Jamhari

RK ONLINE - DPRD Kepahiang mengingatkan OPD, terkait program serta usulan anggaran yang disampaikan tidak diakomodir. Karena terkadang OPD yang menyampaikan usulan anggaran serta program strategis tanpa ada koordinasi dengan komisi-komisi mitra kerja. Sehingga hal tersebut tidak diketahui DPRD Kepahiang, apakah program yang diusulkan program strategis dibutuhkan OPD atau bukan. 

Waka II DPRD Kepahiang, Hariyanto, S.Kom, MM mengatakan, ketika usulan anggaran OPD tidak diakomodir oleh Badan Anggaran (Banggar) maka jangan jangan menyalahkan DPRD. Karena seharusnya program yang masuk skala prioritas, terlebih dahulu dikoordinasikan ke komisi-komisi sehingga diketahui apa saja yang menjadi kebutuhan OPD.

"Jika disampaikan ke komisi-komisi mitra kerja OPD, program strategis masing-masing OPD akan diketahui. Lantaran di saat pembahasan bersama komisi, bisa dijelaskan yang mana saja program strategis dan mana yang bukan, sehingga usulannya dapat dipertahankan," kata Hariyanto. 

Menurutnya, tidak jarang dari OPD ketika anggarannya tidak diakomodir menyalahkan DPRD. "Ini terkadang, koordinasi dengan komisi tidak dilakukan dan bahkan ada juga yang ketika pembahasan bersama Banggar malah tidak hadir. Bagaimana program atau anggaran diakomodir, jika komisi tidak mengetahui apa yang diinginkan, ditambah lagi saat pembahasannya tidak pula hadir," sesal Haryanto. 

Lebih lanjutkan ditekankan Hariyanto, apa yang diinginkan OPD harus disampaikan ke Banggar dan komisi mitra kerja. "Jangan hanya diam saja, koordinasi. Jangan ujuk-ujuk koar-koar melalui media, tanpa ada upaya yang dilakukan," pungkas Haryanto.

Kategori :

Terpopuler