Pemkab Upaya Pindahkan Makam Pahlawan Tahun Ini

Sabtu 20-08-2022,09:00 WIB
Reporter : Reka Fitriani
Editor : Andi Jamhari

RK ONLINE - Pemerintah Kabupaten Kepahiang berupaya memindahkan makam pahlawan yang kini berlokasi di Kelurahan Pasar Ujung, ke Taman Makam Pahlawan (TMP) di Desa Pagar Gunung pada tahun ini. Yakni, makam Letkol Santoso dan Mayor Salim Batubara yang kini belum dipindahkan ke TMP, menurut Bupati Dr.Ir Hidayattulah Sjahid, MM IPU terkait dengan pemindahan makam tersebut sudah mendapat izin dari pihak keluarga.

Hanya saja, lantaran kondisi TMP di Desa Pagar Gunung yang belum memiliki pagar, serta sarana dan prasarana bangunan yang mendukung, sehingga belum memungkinkan untuk dipindahkan.

"Kita berupaya tahun ini makam pahlawan ini dapat dipindahkan ke TMP, sesuai dengan rencana yang sudah disusun 2 tahun terakhir, namun karena pandemi belum memungkinkan. Pertama TMP belum ada pagar dan sebagainya, sebenarnya Pemkab sudah mendapat izin dari pihak keluarga," ungkap Bupati.

Upaya memaksimalkan fungsi taman makam pahlawan itu, dikatakan Bupati, Pemkab terus melakukan koordinasi pada pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Sosial terkait dengan rencana pembangunan TMP. Dimana komunikasi awal pada tahun 2018 lalu, pemerintah pusat siap membantu pembangunan TMP jika Pemkab sudah memiliki lahan sendiri.

"Sesuai dengan persyaratan pusat terkait dengan bantuan pembangunan TMP, daerah harus ada lahan dan pondasi bangunan, lokasiTMP harus pinggir jalan raya atau jalan nasional. Tinggal pengembangan, yaitu pembangunan pagar,lapangan parkir dan lapangan upacara, ini kita sedang menunggu bantuan dana dari pusat," jelas Bupati.

Karena belum dimanfaatkannya TMP sebagai tempat ziarah makam pahlawan, dilanjutkan Bupati sehingga setiap kegiatan ziarah makam pahlawan ataupun renungan suci saat peringatan HUT Kemri Pemkab tetap menggelarnya di TPU Pasar Ujung dimana tempat salah satu pahlawan dimakamkan. (rfm)

Kategori :

Terkait

Selasa 08-11-2022,16:09 WIB

November Tahun Depan

Terpopuler