Penjualan Perlengkapan Sekolah Naik 2 Kali Lipat

Sabtu 09-07-2022,09:48 WIB
Reporter : Gatot Julian
Editor : Andi Jamhari

RK ONLINE - Memasuki tahun ajaran baru 2022/2023 menjadi berkah bagi penjual perlengkapan sekolah baik alat tulis maupun seragam sekolah. Pasalnya banyak konsumen yang membeli perlengkapan sekolah untuk anaknya yang menempuh pendidikan baru atau mengganti perlengkapan lama. 

Seperti halnya di Kota Bengkulu, penjualan perlengkapan sekolah naik 2 kali lipat dibandingkan hari biasanya. "Naik 2 kalai lipat dari hari biasanya. Hal ini karena memang musimnya tahun ajaran baru, jadi ada perubahan dari hari-hari biasa," ungkap pedagang perlengkapan sekolah di pasar Minggu Kota Bengkulu, Taufik Hidayat, Jumat (8/7). 

Ia menyebut penjulan tahun ini juga jauh meningkat dari tahun lalu lantaran tahun lalu masyarakat masih khawatir untuk membeli perlengkapan sekolah karena pandemi Covid-19.  "Tahun lalu mungkin karena pandemi jadi orang tua murid khawatir mau belanja karena sekolah banyak daring," papar Taufik. 

Lebih lanjut, Taufik menambahkan puncak masyarakat ramai datang membeli perlengkapan sekolah yakni H-1 sebelum jadwal masuk sekolah, dengan mayoritas pembeli orang tua murid anaknya yang ingin masuk SMA. Sedangkan untuk perlengkapan sekolah SD dan SMP banyak konsumen yang membeli pada bulan Juni lalu.  "Awal-awal biasanya konsuman SD banyak membeli dan paling akhir SMA," ujarnya. 

Pihaknya melengkapi keperluan sekolah dari kaki sampai kepala untuk SD hingga SMA, dengan nilai jual paling kecil Rp 155 ribu.  "Saat ini kami sudah kehabisan barang sudah seminggu yang lalu, dan sudah tidak lengkap lagi stoknya," singkat Taufik.(gju)

Kategori :