Penyakit Diabetes Ternyata Berdampak Pada Penglihatan, Simak Cara Pencegahannya!

Penyakit Diabetes Ternyata Berdampak Pada Penglihatan, Simak Cara Pencegahannya!

Penyakit Diabetes Ternyata Berdampak Pada Penglihatan, Simak Cara Pencegahannya!/--www.freepik.com

Penyakit Diabetes Ternyata Berdampak Pada Penglihatan, Simak Cara Pencegahannya!

RK ONLINE - Diabetes, sebuah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah ternyata memiliki dampak serius pada kesehatan mata. Menurut World Health Organization (WHO), kondisi ini terjadi saat pankreas tidak menghasilkan cukup insulin, hormon yang mengontrol glukosa darah, atau ketika tubuh tidak dapat memanfaatkannya dengan baik.

 

Glukosa, atau gula, diambil dari karbohidrat dalam makanan dan minuman untuk memberikan energi utama bagi tubuh. Hormon insulin membantu glukosa memasuki sel-sel tubuh sebagai sumber energi. Namun, jika insulin tidak cukup atau tidak efektif, glukosa akan menumpuk di darah, meningkatkan risiko hiperglikemia atau tingginya gula darah.

 

Tingkat gula darah yang tinggi secara berkelanjutan dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk gangguan pada jantung, saraf, dan mata. Pada tahun 2019, diabetes menjadi penyebab langsung dari 1,5 juta kematian, dengan 48 persen di antaranya terjadi sebelum usia 70 tahun.

BACA JUGA:8 Kebiasaan Bruk Saat Bangun Tidur yang Harus Dirubah, Mampu Jaga Kesehatan!

Diabetes dapat merusak kesehatan mata, dari masalah kecil hingga risiko kehilangan penglihatan atau kebutaan. Retinopati diabetik, edema makula, katarak, dan glaukoma adalah beberapa gangguan mata yang umum terkait dengan diabetes.

 

Retinopati diabetik, sebagai contoh, adalah komplikasi serius dari diabetes melitus yang mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah di retina mata. Ketika gula darah tinggi secara terus-menerus, pembuluh darah kecil yang memberi makan retina dapat tersumbat, mengganggu pasokan darahnya.

 

Kondisi ini memicu pertumbuhan pembuluh darah baru yang tidak berkembang dengan baik dan rentan bocor. Gejala awalnya mungkin ringan atau bahkan tak terasa, tetapi jika tidak ditangani, dapat mengarah pada kebutaan.

BACA JUGA:Mau Tau Rahasia Kesehatan Mata, Ketahuilah Batas Waktu Main HP yang Ideal Bagi Mata

Jika Anda memiliki diabetes, penting untuk rutin memeriksakan mata setidaknya satu kali dalam setahun, bahkan jika tidak ada keluhan mata. Pemeriksaan dan penanganan dini akan membantu melindungi penglihatan Anda.

Sumber: