Jamin Hak Pemilih, Dukcapil Kepahiang Pastikan Bakal Tetap Buka Layanan Saat Pilkada 2024

Jamin Hak Pemilih, Dukcapil Kepahiang Pastikan Bakal Tetap Buka Layanan Saat Pilkada 2024

Jamin Hak Pemilih, Dukcapil Kepahiang Pastikan Bakal Tetap Buka Layanan Saat Pilkada 2024--Reka Fitriani

Radarkepahiang.id - Mendukung sukses terselenggaranya Pemilihan Kepala Daerah dan sesuai intruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang meminta Dinas Dukcapil untuk tetap membuka layanan saat pelaksanaan Pilkada 27 November 2024. Maka layanan itu akan dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kepahiang pada hari pencoblosan kepala daerah nantinya.

 

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kepahiang Ardiansyah, SH MH melalui Kepala Bidang Layanan Kependudukan Oly Sitepeu, SH. Dia mengatakan, Dinas Dukcapil tetap bekerja  untuk memberikan kemudahan pada warga yang memanfaatkan hari libu pencoblosan, salah satunya layanan perekaman data KTP-elektronik.

BACA JUGA:4 Kali Bolak Balik Penjara, Warga Suro Muncar Terancam Tidak Dapat Keringanan!

BACA JUGA:Bukan Cuma Nilai Tinggi, Hal Ini Juga Jadi Syarat Lolos Passing Grade CPNS 2024

"Layanan perekaman KTP elektronik tetap buka pada hari pencoblosan saat Pilkada nanti, ini sesuai dengan intruksi Kemendagri. Bahwa Dukcapil diseluruh daerah tetap harus buka meski ada pemilihan," jelas Oly.

 

Tak hanya itu, sesuai dengan intruksi Kemendagri tersebut Dinas Dukcapil untuk berperan untuk merespon permasalahan identitas kependudukan pemilih. Hal ini dalam rangka menjamin agar warga tak kehilangan hak pilihnya hanya karena belum melakukan perekaman KTP elektronik.

BACA JUGA:Cek Jadwal Terbaru Hasil Seleksi SKD CPNS 2024

BACA JUGA:Resmi Dilantik, Malam Ini Prabowo Bakal Umumkan Daftar Menteri

"Iya, perekaman KTP-eletronik saat hari pencoblosan yang kita lakukan ini untuk memastikan dan mejamin warga tidak kehilangan hak pilihnya saat pencoblosan nanti," ujar Oly.

 

Disisi lain, lanjut Oly pihaknya juga mempercepat layanan perekaman KTP elektronik dengan cara melakukan jemput bola ke sekolah-sekolah. Ini untuk memastikan perekaman KTP elektronik bagi masyarakat yang berusia 17 tahun tercapai.

Sumber: