Jangan Gagal Paham, Begini Cara Tepat Pemupukan Sawit Agar Makin Produktif

Jangan Gagal Paham, Begini Cara Tepat Pemupukan Sawit Agar Makin Produktif

Cara tepat pemupukan sawit agar kelapa sawit makin produktif.--Istimewah

BACA JUGA:Pupuk Subsidi Langka Bikin Petani Semakin Merana, LPP PBNU Berpandangan Begini!

Kemudian ada unsur Kalium yang harus terpenuhi sebagai penentu kuantitas dan kualitas buah sawit. Unsur ini untuk membantu meningkatkan konduktansi dari stomata serta biosintetsi fotosintentis di bagian daun secara umum. Sehingga dapat merangsang asimiliasi dari karbon yang bersih.

 

Tanda-tanda dari kekurangan unsur kalian yaitu munculnya bintik kuning dibagian daun, biasanya terus menyebar hingga jadi menyatu, bahkan bisa membuat seluruh bagiannya menjadi berwarna oranye. Tanda selanjutnya yaitu munculnya garis berwarna putih yang berbentang lurus pada kedua sisi tulang dibagian tengah daun.

BACA JUGA:Pupuk Organik Ternyata Mampu Meningkatkan Produktivitas Buah Lada, Pernah Coba?

Dalam bentuk tersebut, kalium ditambahkan dengan unsur kaporit atau CI ini memiliki fungsi untuk meningkatkan jumlah daun, luas daun, keliling batang dan tinggi batang untuk tanaman sawit yang masih terbilang muda. Selain itu, unsur kalium juga bisa diperoleh dari pupuk sawit ZK dan NPK.

 

Tak hanya itu unsur Magnesium (Mg) juga mendukung terbentuknya minyak, unsur ini dibutuhkan oleh tanaman sawit dalam jumlah yang banyak. Unsur hara ini menjadi sangat penting sebab dapat mendukung terbentuknya minyak dalam biji sawit, sehingga hal ini layak untuk menjadi perhatian khusus bagi produsen sawit.

 

Disisi lain metode pemupukan yang tepat untuk hasil yang optimal diantaranya adalah tepat jenis, tepat dosis, tepat waktu, tepat sasaran, tepat cara. Dengan begitu, rekomendasi pemupukan untuk tanaman kepala sawit, petani bisa memakai pupuk NPK 15-16-6-4 untuk pembibitan, anjuran dosisnya yaitu 30 gram per pohon untuk bibit yang berusia 1-3 bulan.

BACA JUGA:Petani Sayuran Catat, Ini Pupuk Khusus Tanaman Sayur yang Dapat Meningkatkan Hasil Panen

Kemudian masa tanam belum memberikan hasil 1-3 tahun, untuk masa ini diperlukan NPK (Niteogen, Fosfor, Kalium) yang berimbang untuk bisa memacu pertumbuhan vegetatif dari kelapa sawit, petani bisa memakai pupuk sawit NPK 12-12-17-2+TE.

Sumber: