Ada Lautan di Permukaan Planet Pluto, Seperti di Bumi!

Ada Lautan di Permukaan Planet Pluto, Seperti di Bumi!

Ada Lautan di Permukaan Planet Pluto, Seperti di Bumi!--Dok/Net

Ada Lautan di Permukaan Planet Pluto, Seperti di Bumi!

Radarkepahiang.id - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa lautan di Pluto tersembunyi di bawah lapisan es tebal. Lautan di objek tata surya Bimasakti yang sempat menjadi sebuah planet ini, menunjukkan keasinan yang sedikit lebih tinggi dibandingkan air laut di Bumi.

Bukti adanya lautan di Pluto diperoleh dari misi New Horizons NASA pada tahun 2015. Saat itu, misi New Horizons mendeteksi indikasi air cair jauh di bawah permukaan es planet kerdil tersebut.

BACA JUGA:Jangan Dianggap Enteng, Menahan Kentut Ternyata Berisiko Fatal Bagi Tubuh

Cekungan Sputnik Planitia di Pluto memberikan petunjuk penting tentang kehadiran lautan di bawah permukaan, dengan retakan dan tonjolan yang menunjukkan karakteristik air asin.

Dilansir dari sumber terpercaya, penelitian yang dipublikasikan pada Mei 2024 lautan di Pluto memiliki kepadatan yang memungkinkan seseorang untuk mudah mengapung, mirip dengan pengalaman mengapung di Laut Mati yang ada di bumi.

BACA JUGA:Sukses Tumbangkan Dortmund di Final, Real Madrid Kembali Raih Gelar Juara UCL!

Mantan planet ke sembilan di galaksi bimasakti ini, memiliki ukuran kecil dan letaknya sangat jauh dari matahari, sehingga tidak terduga jika planet kerdil ini memiliki air dalam bentuk cair.

Namun, para ilmuwan percaya bahwa Pluto memiliki lautan di bawah lapisan es yang tebal.

BACA JUGA:GAWAT! Dinkes Sebut Covid Varian Baru Banyak Serang Warga Kepahiang

Bagian luar tata surya, tempat Pluto mengorbit, sering disebut sebagai daerah yang sangat dingin. Bagian luar Tata Surya adalah tempat yang beku dan tandus, dengan Pluto sendiri sangat jauh dari matahari sehingga matahari tampak seperti bintang yang terang dari pandangannya.

Kendati demikian, Pluto dipercaya memiliki lautan cair di bawah kerak esnya. Hal ini membuat Pluto mirip dengan beberapa bulan di tata surya luar, seperti Europa di Jupiter atau Enceladus di Saturnus.

Sumber: