4 Rumah Tergerus Longsor, BPBD: Warga Terpaksa Mengungsi

4 Rumah Tergerus Longsor, BPBD: Warga Terpaksa Mengungsi

4 Rumah Tergerus Longsor, BPBD: Warga Terpaksa Mengungsi--Istimewah

4 Rumah Tergerus Longsor, BPBD: Warga Terpaksa Mengungsi

RK ONLINE - Hingga Rabu 24 April 2024, longsor yang terjadi di Jalan Baru Kelurahan Pasar Ujung Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu telah meluluhlantakkan 4 rumah warga setempat. Namun meskipun begitu, berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepahiang, hanya ada satu rumah saja yang sudah dinyatakan tidak layak huni.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Kepahiang, Intan Haerani, SP menuturkan bahwa, dari keempat rumah yang terdampak ini, hanya satu rumah yang sudah tidak lagi bisa dihuni oleh pemilik rumah. Sehingga para pemilik rumah terpaksa mengungsi ke tempat kerabat dekatnya.

BACA JUGA:Di Rejang Lebong Seorang Ayah Nekat Setubuhi Anak Kandung, Begini Ceritanya!

"Jadi dari 4 rumah yang kita check kembali kemarin, ada 1 rumah yang kondisinya sudah tidak memungkinkan atau sudah tidak layak untuk dihuni. Sehingga pemilik rumah tersebut, terpaksa mengungsi ke tempat kerabat dekatnya," ujar Intan.

 

Intan juga menjelaskan bahwa, peristiwa longsor ini sejatinya sudah berlangsung sejak 10 April 2024 yang lalu, saat Kabupaten Kepahiang dilanda hujan deras dan disertai dengan angin kecang. Peristiwa ini juga beriringan dengan peristiwa banjir di jembatan konak beberapa waktu lalu dan memang, saat itu sudah 4 rumah yang terdampak akibat ikut tergerus oleh tanah. 

BACA JUGA:Pemilihan BPD Sumber Sari Sukses, Sosok Petani Ini Berhasil Raup Suara Terbanyak

"Peristiwa ini terjadi sejak 10 April 2024 lalu, saat itu memang sudah 4 rumah yang terdampak. Beberapa hari belakangan hujan kembali turun, sehingga membuat salah satu rumah akhirnya lagi-lagi tergerus longsor dan membuatnya tidak bisa lagi dihuni," lanjutnya.

 

Meskipun begitu, keempat rumah yang terdampak longsor ini sebelumnya sudah disambangi oleh Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU dan juga Wakil Bupati Kepahiang, H. Zurdi Nata, S.Ip, tepatnya masih dalam suasana lebaran Idul Fitri 2024 saat dilakukannya peninjauan terhadap banjir di jembatan konak.

 

"Saat itu juga sudah ada beberapa bantuan yang diserahkan kepada pemilik rumah yang terdampak," singkatnya.

Sumber: