Dinsos dan Polsek Ujan Mas Kolaborasi Buru ODGJ!

Dinsos dan Polsek Ujan Mas Kolaborasi Buru ODGJ!

Dinsos dan Polsek Ujan Mas Kolaborasi Buru ODGJ!--Jimmy Mayhendra

Dinsos dan Polsek Ujan Mas Kolaborasi Buru ODGJ!

RK ONLINE - Menanggapi informasi dari masyarakat Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu terkait banyaknya ODGJ yang dibiarkan berkeliaran di seputar kawasan Kecamatan Ujan Mas dan Merigi, Dinsos Kabupaten Kepahiang akhirnya mengambil tindakan.

Berkolaborasi dengan Polsek Ujan Mas, Polres Kepahiang, Polda Bengkulu, Dinsos akhirnya mendatangi satu persatu rumah ODGJ yang dikabarkan kerap meresahkan masyarakat setempat.

Kepala Dinsos Kepahiang, Helmi Johan, M.pd menuturkan bahwa saat ini, Dinsos Kepahiang akan mendata ulang sejumlah ODGJ yang dilaporkan kerap ngamuk dan membuat keresahan tersebut.

BACA JUGA:Puluhan Desa Segera Buka Pendaftaran Calon Anggota BPD, Cek Ini Daftar Persyaratannya!

"Tadi malam kami (Dinsos) berkolaborasi dengan Polsek Ujan Mas untuk melakukan pendataan ODGJ yang kabarnya kerap meresahkan masyarakat. Tujuannya adalah untuk melakukan pendataan dan asesmen terhadap ODGJ yang bersangkutan," ujar Helmi Johan.

Pria yang akrab dikenal dengan sebutan 'pak kumis' ini mengaku sempat mengalami kwsulitan untuk mendapatkan informasi terkait alamat ODGJ yang dimaksud oleh masyarakat tersebut. Sehingga Dinsos dan Polsek Ujan Mas sempat melibatkan sejumlah masyarakat sekitar untuk menunjukkan rumah atau kediaman ODGJ yang dilaporkan oleh banyak masyarakat.

"Ada beberapa yang sudah kami sambangi, sebab ODGJ yang bersangkutan banyak dikenal oleh masyarakat. Namun ada juga yang tidak diketahui keberadaannya," lanjutnya sehingga kami harus melibatkan warga sekitar untuk mencari tahu informasi tentang ODGJ ini," lanjutnya.

BACA JUGA:Dinas PMD Tegaskan Masyarakat Aktif Awasi Proses Pemilihan BPD, Iwan: Harus Ikut!

Sementara itu Helmi juga mengharapkan adanya partisipasi dari masyarakat setempat agar memberitahukan informasi secara detil terkait ODGJ yang dilaporkan. Sebab hal ini berfungsi untuk memudahkan Dinsos dalam menemukan ODGJ tersebut dan proses asesmen dapat dilakukan dengan cepat.

"Bagi masyarakat yang melaporkan soal ODGJ ini, kami harap sertakan informasi yang lengkap. Bila perlu kalau ada fotonya, lampirkan juga kepada kami, supaya kami mudah untuk mencarinya," demikian Helmi Johan.

Sumber: