Resmi Ditetapkan KPU RI, Kemenangan Prabowo-Gibran Mendadak Jadi Sorotan Media Asing

Resmi Ditetapkan KPU RI, Kemenangan Prabowo-Gibran Mendadak Jadi Sorotan Media Asing

Resmi Ditetapkan KPU RI, Kemenangan Prabowo-Gibran Mendadak Jadi Sorotan Media Asing --Dok/Net

 

Media yang berbasis di India, NDTV, turut memberitakan pengumuman KPU. NDTV menulis judul 'Prabowo Subianto Terpilih Sebagai Presiden Baru Indonesia.' Media asal India ini juga mencantumkan hasil rekapitulasi dan kemungkinan pelantikan Prabowo.

 

Sebelumnya diberitakan Secara resmi KPU umumkan dan tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Pemenang Pilpres 2024. Pengumuman Pemenang Pilpres 2024 ini, disampaikan KPU setelah menyelesaikan rekapitulasi perolehan suara secara keseluruhan.

 

Pasangan nomor urut 2 ini ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024, melalui berita acara KPU nomor 218/PL.01.08-BA/05/2024. Dalam berita acara tersebut, secara resmi KPU menetapkan kalau pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024.

 

Penetapan pasangan calon nomor urut 2 sebagai pemenang Pilpres 2024 ini, dilakukan KPU setelah menuntaskan rekapitulasi secara nasional yang kemudian ditetapkan melalui rapat pleno, Rabu 20 Maret 2024. 

 

Hasil rekapitulasi KPU secara nasional ini terdiri atas perolehan suara di 38 provinsi dan 128 Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN). Total keseluruhan suara sah nasional sebanyak 164.227.475.

 

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU, Prabowo-Gibran unggul dengan suara sah sebanyak 96.214.691 dari total suara sah nasional. Pasangan Prabowo-Gibran ini juga disebut unggul di 36 provinsi dari total 38 provinsi. Sedangkan pasangan Anies-Cak Imin hanya unggul di 2 provinsi lainnya.

Sumber: