Soal Penyakit Misterius Jangkit Masyarakat Kepahiang, Begini Tanggapan Dirut RSUD!

Soal Penyakit Misterius Jangkit Masyarakat Kepahiang, Begini Tanggapan Dirut RSUD!

Soal Penyakit Misterius Jangkit Masyarakat Kepahiang, Begini Tanggapan Dirut RSUD!--Jimmy Mayhendra

Soal Penyakit Misterius Jangkit Masyarakat Kepahiang, Begini Tanggapan Dirut RSUD!

RK ONLINE - Hingga Selasa 19 Maret 2024, belum ada jawaban yang pasti mengenai penyakit misterius yang belakangan dikeluhkan oleh sebagian masyarakat Kabupaten Kepahiang. Hanya saja jika dilihat dari ciri-cirinya, ada beberapa kategori penyakit yang memiliki gejala yang sama.

Dikonfirmasi Radarkepahiang.id, Direktur Utama (Dirut) RSUD Kepahiang, dr. Febby Nursanda menuturkan bahwa penyakit dengan gejala seperti yang dikeluhkan masyarakat belakangan ini, kemungkinan merupakan gejala penyakit DBD. 

"Kemungkinan itu DBD, karena gejalanya mirip. Tapi untuk memastikannya tetap yang bersangkutan harus diperiksa dahulu, tidak bisa ditebak-tebak," ujar Febby.

BACA JUGA:Digrebek Warga di Dalam Kamar, Begini Pengakuan Sepasang Pelajar SMA Kepahiang

Menurut owner apotek Alpha ini, dirinya tidak mengetahui secara pasti berapa jumlah pasien yang datang dengan gejala penyakit seperti ini dalam sebulan terakhir. Hanya saja selain di RSUD Kepahiang, pasien dengan gejala serupa juga kerap diterimanya di tempat praktik. Bahkan beberapa pasien yang saat ini dirawat di RSUD, setelah melalui proses pemeriksaan di praktik dan mendapatkan rujukan darinya.

"Di praktik cukup banyak. Untuk yang di rumah sakit, beberapa merupakan pasien yang saya rujuk dari tempat praktik juga," lanjutnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa sepanjang Ramadhan 1445 H, sejumlah masyarakat Kepahiang mengaku terpapar penyakit misterius. Belum diketahui secara pasti seperti apa, namun beberapa pasien mengaku mengaku mengalami gejala dan sakit yang sama. Bahkan akibat penyakit misterius tersebut, beberapa klinik dan RSUD Kepahiang mulai menimbulkan antrean.

BACA JUGA:Bulan Puasa, Sepasang Pelajar SMA Kepahiang Digrebek Warga Dalam Kamar

Dikonfirmasi terkait penyakit misterius ini, Kadis Kesehatan Kepahiang, H. Tajri Fauzan, S.KM, M.Si juga membenarkannya. Menurut Tajri jika dilihat dari ciri-ciri atau gejala yang dialami oleh pasien, ada beberapa kemungkinan penyakit.

"Memang belakangan ini banyak masyarakat Kepahiang yang memiliki keluhan dan penyakit yang sama. Kalau dilihat dari gejalanya, ada beberapa kemungkinan penyakit yang menjangkitnya," ujar Tajri.

Beberapa kemungkinan penyakit yang dimaksud lanjut Tajri, mulai Covid-19 yang sudah berbaur dengan flu (varian baru), cikungunya, flu, demam berdarah hingga typus.

BACA JUGA:WASPADA! Masyarakat Kepahiang Mulai Terpapar Penyakit Misterius, Ini Ciri-Cirinya

"Mungkin saja Covid varian baru, hanya saja tidak sebahaya Covid yang dulu. Tapi mungkin juga penyakit lain seperti cikungunya, typus, DBD dan flu biasa. Sebab punya gejala yang hampir sama," jelasnya.

Sumber: