AC Mobil Kurang Dingin, Ini Penyebab dan Solusi yang Mudah Dipahami Untuk Dipraktikkan

AC Mobil Kurang Dingin, Ini Penyebab dan Solusi yang Mudah Dipahami Untuk Dipraktikkan

AC Mobil Kurang Dingin, Ini Penyebab dan Solusi yang Mudah Dipahami Untuk Dipraktikkan/--www.istockphoto.com

AC Mobil Kurang Dingin, Ini Penyebab dan Solusi yang Mudah Dipahami Untuk Dipraktikkan

RK ONLINE - AC merupakan fitur penting di mobil yang memastikan kenyamanan saat berkendara. Namun, seiring waktu, AC bisa mengalami penurunan fungsinya yang ditandai dengan kurangnya dingin. Apa penyebabnya?

 

Menurut Auto2000, AC mobil bisa kurang dingin karena evaporator yang kotor. Kotoran dan debu dapat dengan mudah masuk ke kabin mobil saat digunakan, terutama saat ada penumpang yang makan di dalam mobil. Hal ini dapat merusak evaporator dan mengganggu kinerjanya.

BACA JUGA:Sering Dilupakan, Simak Ini Pentingnya Mengganti Filter Oli Mobil

Evaporator AC memanfaatkan udara dari kabin mobil. Jika kabin kotor, debu dan kotoran dapat terhisap ke evaporator, berpotensi merusaknya dan berdampak pada kualitas pendinginan yang menurun. Selain itu, tumbuhnya jamur di evaporator juga bisa menjadi masalah, menyebabkan udara tidak dingin dan bau tidak sedap.

 

Tidak hanya itu, kondisi filter kabin atau filter AC juga berpengaruh. Filter yang kotor akan menghambat aliran udara dan membawa debu ke permukaan evaporator. Kondensor AC, yang terletak di belakang gril mobil, juga rentan terkena kotoran.

 

Solusinya? Pertama, perhatikan kebersihan evaporator dengan mencegah penumpukan kotoran dan kelembapan. Bersihkan filter kabin secara berkala tanpa menggunakan udara bertekanan, cukup dengan mengetuknya perlahan. Pastikan juga kondisi kompresor AC dan tegangan sabuk pemutar kompresor.

BACA JUGA:Cara Mudah Merubah Foto Biasa Menjadi Foto HD

Jaga volume freon tetap penuh dan periksa kemungkinan kebocoran di sistem AC. Untuk kondensor AC, gunakan air bertekanan untuk membersihkannya, tapi pastikan arah semprotan sejajar dengan sirip kondensor. Dengan perawatan yang baik, AC mobil Anda akan tetap dingin dan nyaman saat berkendara.

Sumber: