Diterjang Hujan Deras, Rumah Warga Kembang Seri Tergerus Longsor!

Diterjang Hujan Deras, Rumah Warga Kembang Seri Tergerus Longsor!

Diterjang Hujan Deras, Rumah Warga Kembang Seri Tergerus Longsor!--BPBD Kepahiang

Diterjang Hujan Deras, Rumah Warga Kembang Seri Tergerus Longsor!

RK ONLINE - Hujan deras yang melanda Kabupaten Kepahiang sejak beberapa hari yang lalu, lagi-lagi berdampak fatal. Salah satunya mengakibatkan bencana longsor dan banjir di sejumlah titik rawan.

Informasi dihimpun Radarkepahiang.id, akibat dari terjangan hujan deras ini, membuat 1 unit rumah milik Ronia, warga Desa Kembang Seri, Kecamatan Bermani Ilir, Kabupaten Kepahiang, tergerus longsor.

BACA JUGA:Jangan Disepelekan, Alat-Alat Perkakas Penting Ini Wajib Ada di Rumah

Diketahui bahwa tanah Longsor ini, membuat bagian dapur rumah Ronia menjadi ambruk dan rata dengan tanah.

Plt. Kepala BPBD Kabupaten Kepahiang Hendra, ST melalui petugas Bidang Kedaruratan Bencana Jhon Junaidi, ST, menuturkan bahwa berdasarkan catatan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Kepahiang, longsor yang menimpa kediaman Ronia ini memiliki ukuran panjang sekitar 14 meter, lebar 8 meter dan tinggi 4 meter

"Namun dari peristiwa ini, kami pastikan tidak ada korban jiwa," ujar Jhon, Selasa 5 Maret 2024.

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS 2024, Begini Cara Mudah Membuat Akun SSCASN

Lebih lanjut dikatakan bahwa untuk sementara waktu, korban telah mengungsi ke tempat lain yang lebih aman. Sebab BPBD mengkhawatirkan adanya peristiwa longsor susulan, mengingat sejak kemarin hujan deras masih melanda sejumlah titik di Kabupaten Kepahiang, termasuk Desa Kembang Seri.

"Kita sarankan, jangan dulu tempati rumah sementara waktu karena dikhawatirkan ada longsor susulan," lanjutnya.

Sementara itu secara garis besar, berdasarkan pendataan terakhir yang dilakukan BPBD Kabupaten Kepahiag setidaknya ada 62 titik di wilayah desa/kelurahan di Kabupaten Kepahiang masuk dalam kategori rawan bencana. 

BACA JUGA:Benarkah Telapak Tangan Berkeringat Tanda Penyakit Jantung, Ini Jawabannya!

Mulai dari bencana banjir, longsor hingga puting beliung. Dari sebaran titik rawan bencana tersebut, terbanyak berada di Kecamatan Kepahiang yang tersebar di 5 kelurahan dan 9 desa. 

"Tim penangggulangan juga dalam posisi siaga dengan kondisi saat ini. Kita berharap, semua dapat ditangani dengan baik," demikian Jhon.

Sumber: