Tips Mudah Merawat Warna Cat Dinding Agar Tetap Cerah dan Awet

Tips Mudah Merawat Warna Cat Dinding Agar Tetap Cerah dan Awet

Tips Mudah Merawat Warna Cat Dinding Agar Tetap Cerah dan Awet/--www.istockphoto.com

Tips Mudah Merawat Warna Cat Dinding Agar Tetap Cerah dan Awet

RK ONLINE - Jika cat dinding di rumah Anda terlihat kusam, bisa jadi karena intensitas warnanya sudah berkurang. Hal ini sering terjadi pada cat yang terpapar sinar matahari secara langsung. Sinar UV dari matahari bisa merusak struktur molekul pewarna pada cat, membuatnya pudar dan berubah warna.

 

Selain sinar matahari, kualitas cat yang kurang baik, pemakaian pewarnaan berlebihan, cuaca ekstrem, dan pemilihan warna yang tidak tepat juga bisa membuat cat dinding pudar. Namun, Anda bisa mencegah pemudaran warna ini dengan memilih jenis cat yang sesuai dengan lokasi penggunaannya, baik di dalam maupun di luar ruangan.

BACA JUGA:Tips Mudah Mendekorasi Rumah Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Meskipun pada akhirnya semua cat dinding akan memudar seiring berjalannya waktu, ada cara untuk mempertahankan warnanya agar tetap cerah dan awet. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

 

Hindari Warna Mudah Pudar

Warna cat cerah lebih tahan lama dibandingkan warna gelap karena warna-warna cerah lebih rentan terhadap radiasi UV. Gunakan warna cat seperti cokelat, krem, atau putih yang memiliki pigmen warna yang lebih stabil.

 

Pastikan Permukaan Dinding Kering

Cat dinding sensitif terhadap kelembapan, terutama pada dinding luar rumah. Pastikan permukaan dinding tidak lembap sebelum melakukan pengecatan. Teknik pengecatan yang terlalu banyak lapisan juga dapat membuat warna cat cepat pudar.

BACA JUGA:Apakah Air Hujan Aman Dikonsumsi dan Bermanfaat Untuk Kesehatan, Ini Jawabannya!

Gunakan Cat yang Mengkilap

Sumber: