Kepahiang Diguncang Gempa 5,6 SR, Ini Titik Pusatnya!

Kepahiang Diguncang Gempa 5,6 SR, Ini Titik Pusatnya!

Kepahiang Diguncang Gempa 5,6 SR, Ini Titik Pusatnya!--Istimewa

Kepahiang Diguncang Gempa 5,6 SR, Ini Titik Pusatnya!

RK ONLINE - Masyarakat Kabupaten Kepahiang dikejutkan dengan adanya guncangan gempa yang terjadi pada Senin, 4 Maret 2024 pagi.

Informasi dihimpun Radarkepahiang.id, gempa berkekuatan 5,6 SR dengan titik episenter gempabumi terletak pada, koordinat 5,73° LS dan 102,19° BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 43 Km arah Barat Daya Enggano, Bengkulu Utara, Bengkulu pada kedalaman 18 km.

PMG Pertama BMKG Kelas III Stasiun Geofisika Kepahiang, Tamia Widi Nurhalita menuturkan bahwa gempa ini tidak berpotensi gempa susulan.

BACA JUGA:Truk Terguling, Begini Kondisi Terkini Kemacetan Jalan Lintas Liku 9 Kepahiang - Bengkulu

"Kekuatan gempa ini 5,6 SR dan berpusat di Enggano, berdasarkan observasi kami saat ini belum ada tanda-tanda potensi gwmpa susulan," ujar Tamia.

Lebih lanjut dikatakan bahwa, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia dibawah lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault ).

BACA JUGA:Nyaman dan Terjangkau, Ini Rekomendasi Mobil Daihatsu yang Cocok Untuk Mudik Lebaran

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," demikian Tamia.

Sumber: