225.000 Lowongan ASN Penempatan IKN Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya!

225.000 Lowongan ASN Penempatan IKN Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya!

225.000 Lowongan ASN Penempatan IKN Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya!/--infobanknews.com

225.000 Lowongan ASN Penempatan IKN Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya!

RK ONLINE - Pemerintah mengumumkan rencana penawaran 225.000 lowongan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

 

Proses seleksi calon ASN ini akan dimulai tahun ini. Sebagaimana diketahui, proses seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), termasuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), akan dibuka pada bulan April 2024. Salah satu syarat utamanya adalah menjadi fresh graduate.

BACA JUGA:Pembukaan Seleksi CPNS dan PPPK 2024 Semakin Dekat, Segini Kuotanya!

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, total 225.000 lowongan tersebut diperuntukkan bagi fresh graduate di pemerintah pusat, khususnya untuk ditempatkan di IKN. 

 

Anas menjelaskan bahwa kebijakan ini diumumkan lebih awal untuk menghindari kejutan bagi para ASN yang akan dipindahkan ke IKN dalam waktu 3-4 tahun mendatang.

 

Anas juga menegaskan bahwa ASN yang akan ditempatkan di IKN harus memiliki kriteria kompetensi tertentu, termasuk penguasaan literasi digital, kemampuan multitasking, pemahaman substansi mengenai prinsip IKN, serta mampu menerapkan nilai-nilai BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

BACA JUGA:Dilaksanakan Transparan, Begini Jaminan Pemerintah Terhadap Sistem Seleksi CASN 2024

"IKN akan menerapkan pola kerja terpadu dengan fleksibilitas waktu dan lokasi mendukung sistem kerja kolaboratif dan agile. Karenanya perlu talenta-talenta yang adaptif, kolaboratif yang menguasai digitalisasi sehingga siap untuk mendorong akselerasi roda layanan pemerintahan di IKN," ujar Anas.

 

Selain syarat di atas, berikut ini adalah syarat dan cara daftar untuk CASN 2024:

Sumber: