Hindari Minum Teh Malam Hari, Ini Alasannya!

Hindari Minum Teh Malam Hari, Ini Alasannya!

Hindari Minum Teh Malam Hari, Ini Alasannya!/--www.istockphoto.com

Hindari Minum Teh Malam Hari, Ini Alasannya!

RK ONLINE- Minum teh di malam hari terutama sebelum tidur, ternyata bisa memberikan efek yang tidak baik bagi kesehatan Anda. Apa saja efeknya?

 

Dilansir dari Sleep Foundation, minum teh di malam hari bisa mengakibatkan susah tidur atau insomnia. Ini karena kandungan kafein dalam teh dapat mengganggu kerja adenosin di otak, yang berperan penting dalam proses tidur. Akibatnya, Anda mungkin akan merasa sulit memejamkan mata dan kurang mengantuk.

BACA JUGA:Sakit Perut Sebelah Kanan, Ini Penyebab Lengkap Beserta Cara Mengatasinya

Selain itu, minum teh di malam hari dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sakit perut dan refluks asam lambung. Hal ini bisa membuat tidur menjadi kurang nyaman.

 

Menurut Livestrong, minum teh di malam hari juga dapat menyebabkan sakit kepala yang mengganggu tidur dan membuat Anda tidak nyaman.

 

Efek lainnya adalah kemungkinan interaksi dengan obat-obatan tertentu, seperti obat tekanan darah dan diabetes yang biasanya diminum sebelum tidur.

BACA JUGA:Sakit Perut Melilit, Apa Penyebabnya dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Tidak hanya itu, minum teh sebelum tidur juga dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil, sehingga Anda mungkin perlu sering bangun untuk ke kamar mandi.

 

Selain efek langsung pada tidur, minum teh di malam hari juga dapat berkontribusi pada kenaikan berat badan. Ini karena sulit tidur bisa membuat Anda cenderung mengonsumsi makanan atau camilan manis di malam hari, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Sumber: