Retinopati Diabetik, Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Retinopati Diabetik, Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Retinopati Diabetik, Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya/--www.istockphoto.com

Retinopati Diabetik, Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

RK ONLINE - Diabetes adalah penyakit kronis yang meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh karena gangguan insulin. Kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan kerusakan pada organ tubuh, termasuk mata.

 

Seorang ahli kacamata dari Boots Opticians Kyla Black, mengingatkan bahwa masalah mata bisa menjadi gejala tersembunyi dari diabetes tipe 2. Gangguan pada mata bisa menyebabkan penglihatan buruk atau bahkan hilang tiba-tiba.

BACA JUGA:Merenung Jadi Salah Satu dari 8 Cara Mengatasi Overthinking Untuk Menjaga Kesehatan Mental

Retinopati diabetik adalah kondisi ketika retina terkena dampak dari gula darah yang tinggi. Kondisi ini bisa menyebabkan penglihatan buruk atau kebutaan jika tidak dikenali dan diobati dengan benar.

 

Gejala retinopati diabetik mungkin termasuk penglihatan kabur, mata merah atau bengkak, bintik-bintik gelap atau kosong pada penglihatan, serta kesulitan melihat di malam hari.

 

Faktor risiko retinopati diabetik meliputi menderita diabetes dalam waktu yang lama, kontrol gula darah yang buruk, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan lain-lain.

BACA JUGA:Waspadai Rambut Rontok Pada Anak, Begini Penyebab Berikut Langkah Penanganannya yang Tepat

Komplikasi dari retinopati diabetik termasuk perdarahan vitreus, ablasi retina, glaukoma, dan bahkan kebutaan. Intervensi dini dapat membantu mencegah kerusakan lebih lanjut dan menjaga penglihatan.

 

Ini menggarisbawahi pentingnya pemeriksaan mata rutin untuk penderita diabetes guna mendeteksi retinopati diabetik sejak dini, sehingga penanganannya dapat dilakukan lebih efektif.

Sumber: