Calon Peserta Siap-Siap, Pendaftaran CPNS atau CASN Dibuka Lebih Cepat

Calon Peserta Siap-Siap, Pendaftaran CPNS atau CASN Dibuka Lebih Cepat

Calon Peserta Siap-Siap, Pendaftaran CPNS atau CASN Dibuka Lebih Cepat/--idxchannel.com

Calon Peserta Siap-Siap, Pendaftaran CPNS atau CASN Dibuka Lebih Cepat

RK ONLINE - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, mengumumkan bahwa pendaftaran CPNS atau CASN akan dibuka lebih cepat dari biasanya. 

Ini menjadi kesempatan bagi masyarakat yang berminat menjadi abdi negara untuk segera mempersiapkan diri.

 

Menurut Anas, pembukaan pendaftaran CPNS bisa dilakukan pada bulan April, yang artinya jauh lebih cepat dibandingkan biasanya yang baru dibuka pada bulan September. Kementerian PANRB saat ini sedang fokus untuk mengumpulkan kebutuhan formasi dari masing-masing Kementerian Lembaga (KL). Formasi tersebut akan diverifikasi sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

BACA JUGA:KemenPANRB Ungkap Seleksi CPNS 2024 Dibuka Lebih Cepat, MenPANRB Anas: Jauh Lebih Cepat!

"Karena kalau nggak, nanti arahan presiden nanti talenta digital, dia tetap usulkan tenaga teknis sehingga nanti kita evaluasi. ini kita rapat terus dengan KL terkait talenta yang akan kita rekrut," jelasnya.

 

Selain itu, pemerintah juga membuka lowongan khusus untuk CPNS yang akan ditempatkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Total kebutuhannya mencapai 225.000 orang. Anas menjelaskan bahwa kebijakan ini akan diumumkan lebih awal agar Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak terkejut ketika nanti dipindahkan ke IKN dalam 3-4 tahun mendatang.

 

"Ketika suatu saat tahun depan atau 3 tahun lagi pindah ke IKN mereka mestinya langsung pindah," ujarnya.

BACA JUGA:CATAT! Ini Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran CPNS 2024 Untuk Instansi Pusat Hingga Daerah

Dengan demikian, pengumuman pembukaan lowongan CPNS dan CASN yang lebih awal ini memberi kesempatan lebih bagi masyarakat yang berminat untuk mempersiapkan diri dengan baik guna mengikuti seleksi menjadi bagian dari abdi negara.

Sumber: