Mengkonsumsi Minuman Dingin Saat Pilek, Apakah Aman?

Mengkonsumsi Minuman Dingin Saat Pilek, Apakah Aman?

Mengkonsumsi Minuman Dingin Saat Pilek, Apakah Aman?/--www.istockphoto.com

Mengkonsumsi Minuman Dingin Saat Pilek, Apakah Aman?

RK ONLINE - Minuman dingin memang sangat menyegarkan, terutama saat cuaca sedang panas atau kita merasa haus. Namun, ada kondisi tertentu di mana Minuman dingin sebaiknya dihindari, seperti saat sedang pilek. Mengapa demikian? Simak penjelasan ahli berikut ini.

 

Menurut Ketua UKK Respirologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr. Rina Triasih, M.Med (Paed), Ph.D, Sp.A(K), minuman dingin saat pilek dapat mengganggu saluran pernapasan. Hal ini karena suhu dingin dari minuman dapat mengganggu gerakan rambut-rambut getar di hidung yang berfungsi untuk mengeluarkan lendir atau ingus. Sebagai akibatnya, produksi lendir dalam saluran pernapasan menjadi lebih banyak.

BACA JUGA:Baru Tau Ternyata Jalan Kaki Mampu Menurunkan Berat Badan, Begini Caranya!

Oleh karena itu, umumnya disarankan untuk menghindari minuman dingin saat sedang pilek. Sebaliknya, lebih baik mengonsumsi makanan hangat seperti sup, yang dapat membantu meredakan gejala pilek dan lebih mudah dikonsumsi oleh tubuh yang sedang tidak enak badan.

 

Selain menghindari minuman dingin, penting bagi anak yang sedang pilek untuk tetap mendapatkan makanan bergizi seimbang dan cukup, seperti yang biasa dikonsumsi setiap hari. Tidak selalu diperlukan penggunaan obat-obatan untuk mengobati batuk pilek pada anak, karena batuk sendiri merupakan mekanisme pertahanan tubuh yang normal.

BACA JUGA:Hati-Hati Cara Diet yang Salah Diet Berpotensi Tingkatkan Risiko Kanker Kolorektal

Menurut dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A (K), Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), meningkatkan kekebalan tubuh anak dengan pemberian makanan kaya protein dan melengkapi imunisasi juga merupakan langkah penting dalam menghadapi penyakit batuk pilek biasa. Anak yang batuk pilek juga disarankan untuk menggunakan masker agar tidak menularkan penyakitnya kepada orang lain, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

 

Dengan memperhatikan saran-saran di atas, kita dapat membantu mengurangi gejala pilek pada anak dan menjaga kesehatan mereka secara menyeluruh.

BACA JUGA:Tingkatkan Fungsi Otak dan Kekuatan Otot, Ini Sederet Manfaat Jalan Kaki Selama 1 Jam Sehari

Sumber: