Hati-Hati Cara Diet yang Salah Diet Berpotensi Tingkatkan Risiko Kanker Kolorektal

Hati-Hati Cara Diet yang Salah Diet Berpotensi Tingkatkan Risiko Kanker Kolorektal

Hati-Hati Cara Diet yang Salah Diet Berpotensi Tingkatkan Risiko Kanker Kolorektal/--www.istockphoto.com

Hati-Hati Cara Diet yang Salah Diet Berpotensi Tingkatkan Risiko Kanker Kolorektal

RK ONLINE - Penurunan berat badan sering menjadi tujuan bagi individu yang memiliki berat badan berlebih. Namun, perlu diperhatikan bahwa diet yang tidak tepat dapat meningkatkan risiko terkena kanker kolorektal.

 

Kanker kolorektal merupakan jenis kanker yang dapat berkembang di usus besar (kolon) hingga rektum atau dubur, sering kali terkait dengan pola makan yang tidak sehat. Meskipun umumnya terjadi pada usia 60-70 tahun, semakin banyak kasus pasien di bawah usia 50 tahun yang terkena kanker kolorektal, dikaitkan dengan pola diet yang kurang tepat.

BACA JUGA:Salah Satunya Masker Putih Telur, Ini Sederet Rahasia Perawatan Kulit Wajah Menggunakan Bahan Alami

Menurut konsultan bedah digestif, dr. Ariansah Margaluta, "Semakin banyak kasus pasien di bawah 50, biasanya karena pola makan yang tidak sehat. Terutama dengan meningkatnya popularitas diet, seringkali cara pelaksanaannya tidak tepat."

 

Dalam menjalankan diet, seleksi makanan yang masuk ke dalam tubuh sangatlah penting. Diet rendah serat dan tinggi lemak merupakan salah satu faktor risiko utama yang dapat memicu kanker kolorektal. Oleh karena itu, konsumsi buah dan sayur yang kaya serat perlu diperhatikan bagi mereka yang tengah menjalani diet.

BACA JUGA:Mengkonsumsi Telur Dadar Ternyata Bisa Sebabkan Kanker, Begini Penjelasannya!

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi protein dan daging merah juga dapat meningkatkan risiko, terutama jika tidak dibarengi dengan aktivitas fisik yang cukup. Sehingga, penting untuk tidak hanya membatasi jumlah makanan yang dikonsumsi, tetapi juga memperhatikan keseimbangan nutrisi dan gaya hidup aktif.

 

Dalam merencanakan atau menjalani diet, penting untuk tetap mempertahankan pola makan yang sehat dengan asupan nutrisi yang cukup. Upaya pencegahan terhadap risiko kanker kolorektal dapat dilakukan dengan menyeimbangkan pola makan, bukan sekadar untuk menurunkan berat badan dengan mengurangi asupan makanan, melainkan dengan menjaga pola makan yang tepat dan seimbang.

BACA JUGA:Wajib Diperhatikan, Ini Tanda-Tanda Jika Kamu Sudah Kecanduan Kopi

Sumber: