Jelang Ramadhan, Harga Bahan Pokok Penting Mendadak Naik!

Jelang Ramadhan, Harga Bahan Pokok Penting Mendadak Naik!

Jelang Ramadhan, Harga Bahan Pokok Penting Mendadak Naik!--Jimmy Mayhendra

Jelang Ramadhan, Harga Bahan Pokok Penting Mendadak Naik!

RK ONLINE - Berkaca dari tahun-tahun yang sudah, biasanya jelang Ramadhan harga bahan pokok penting mendadak naik. Hampir setiap kali menjelang Ramadhan, selalu saja ada kenaikan harga bahan pokok yang terjadi secara tiba-tiba.

Bahkan menjelang awal Ramadhan tahun 2023 lalu, tepatnya seminggu jelang Ramadhan, kenaikan harga bahan pokok yang paling terasa terjadi pada bahan pokok seperti cabai dan udang. Tidak tanggung-tanggung, saat itu harga udang di pasar tradisional, bisa tembus hingga Rp100 ribu per Kg.

BACA JUGA:Petugas Pemilu 2024 yang Meninggal Dunia Terus Bertambah, Terbanyak Anggota KPPS!

Kenaikan harga bahan pokok ini, sering kali memicu terjadinya kelangkaan. Ditambah lagi momen bulan suci ramadhan, membuat sering kali membuat kebutuhan masyarakat terhadap bahan pokok penting, meningkat jauh lebih tinggi dari biasanya.

Maka dari itu Pemkab Kepahiang melalui Dinas Perdagangan, harus bekerja ekstra untuk memastikan agar harga bahan pokok berikut persediaannya tetap stabil.

BACA JUGA:Persiapan Pendaftaran CPNS 2024 Berikut Panduan dan Jadwal Penting yang Wajib Diketahui Calon Peserta

Terkait hal ini Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan Kepahiang, Abdullah, SE mengungkapkan jika berdasarkan catatan mereka, jelang ramadhan tahun 2023 lalu, memang ada kenaikan harga bahan pokok penting di Kabupaten Kepahiang. Hanya saja dirinya memastikan jika kenaikan harga bahan pokok di Pasar Kepahiang, tidak terjadi secara besar-besaran.

"Berdasarkan catatan yang kami miliki, harga bahan pokok berikut dengan ketersediaannya jelang ramadhan tahun lalu memang naik. Tapi ini tidak terlalu signifikan," ujar Abdullah.

BACA JUGA:Chery Tiggo 5X Meluncur Dalam IIMS 2024, Harga Terjangkau!

Kemudian jelang Ramadhan 1445 H ini, harga cabai di Kabupaten Kepahiang terus merangkak naik. Bahkan belum lama ini, kenaikan harga cabai untuk setingkat pengecer mencapai Rp20 ribu dan tembus Rp80 ribu/Kg. Meskipun sempat turun, namun harga cabai per 16 Februari 2024, masih belum kembali normal. Sementara seperti yang diketahui, kebutuhan masyarakat terhadap cabai ini sangatlah tinggi.

"Data kami per 16 Februari 2024, harga cabai memang naik," lanjutnya.

BACA JUGA:Wajib Dipertimbangkan! Ini Sederet Makanan Penambah Tinggi Badan yang Sehat dan Bergizi

Selanjutnya Pemkab Kepahiang sendiri tahun lalu telah melakukan berbagai upaya untuk menekan terjadinya inflasi. Melalui rapat pengendalian inflasi yang digelar H-7 Ramadhan 1444 H, Bupati Kepahiang, Dr. Ir Hidayattullah Sjahid, MM, IPU saat itu mengundang seluruh stake holder untuk melaksanakan rapat koordinasi terkait pengendalian inflasi daerah.

Sumber: