Tanpa Harus Diet Ketat, Ahli Gizi Beberkan Tips Menurunkan Berat Badan

Tanpa Harus Diet Ketat, Ahli Gizi Beberkan Tips Menurunkan Berat Badan

Tanpa Harus Diet Ketat, Ahli Gizi Beberkan Tips Menurunkan Berat Badan/--www.istockphoto.com

Tanpa Harus Diet Ketat, Ahli Gizi Beberkan Tips Menurunkan Berat Badan

RK ONLINE - Menjaga berat badan ideal tidak hanya berdampak pada peningkatan kepercayaan diri, tetapi juga sangat penting untuk kesehatan seseorang. 

 

Namun, tidak semua orang mampu atau ingin menjalani diet ketat untuk mencapai berat badan yang diinginkan. Apakah ada cara lain untuk menurunkan berat badan tanpa harus melakukan diet ketat?

BACA JUGA:Apakah Perlu Tidur Siang dan Apa Saja Manfaatnya, Begini Hasil Studi Terbarunya!

Ahli gizi masyarakat, dr. Tan Shot Yen, memberikan penjelasan yang menarik mengenai hal ini. Menurutnya, tidak perlu melakukan diet yang rumit untuk mencapai berat badan yang ideal. Cukup dengan menjaga pola makan yang teratur dan seimbang.

 

"Contohnya, kita bisa sarapan pagi sebelum berangkat kerja, makan siang pada waktu yang teratur, dan makan malam setelah Shalat Maghrib. Dengan tidak makan setelah maghrib sampai pagi hari, itu sudah termasuk dalam konsep intermittent fasting," jelas dr. Tan.

 

Intermittent fasting merupakan praktik puasa selama beberapa jam dalam sehari, biasanya antara 12 hingga 16 jam.

BACA JUGA:Penting Konsultasi ke Dokter, Kenali dan Atasi Segera Efek Kelelahan pada Tubuh

Dr. Tan juga menekankan pentingnya untuk memahami kebutuhan tubuh masing-masing individu. Salah satu masalah umum yang sering dihadapi adalah kebiasaan jajan, terutama di kalangan anak-anak yang lebih memilih camilan daripada makanan utama.

 

Untuk membantu memahami konsep makanan seimbang, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menginisiasi program "Isi Piringku". Program ini menyarankan agar setiap porsi makanan terdiri dari 50% sayur dan buah-buahan, serta sisanya adalah karbohidrat dan protein. Selain itu, konsep "Isi Piringku" juga mendorong pembatasan konsumsi gula, garam, dan lemak.

Sumber: