Cara Aman Membersihkan Telinga, Hindari Risiko Cedera dan Dampak Serius pada Pendengaran

Cara Aman Membersihkan Telinga, Hindari Risiko Cedera dan Dampak Serius pada Pendengaran

Cara Aman Membersihkan Telinga, Hindari Risiko Cedera dan Dampak Serius pada Pendengaran/--www.istockphoto.com

Cara Aman Membersihkan Telinga, Hindari Risiko Cedera dan Dampak Serius pada Pendengaran

RK ONLINE - Telinga adalah bagian tubuh yang perlu perawatan, namun membersihkannya dengan cara yang salah bisa berdampak serius pada pendengaran. 

 

Banyak orang menggunakan cotton bud atau lidi kapas untuk membersihkan telinga, namun menurut dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT), pemakaian lidi kapas bisa berbahaya.

BACA JUGA:Anggota KPPS Merapat, Simak Tips Menjaga Kesehatan Agar Tak Tumbang Saat Pemilu 2024

Dokter spesialis THT, Seth Schwartz dari Seattle, Amerika, mengingatkan bahwa cedera akibat gendang telinga tertusuk jarang terjadi, namun bisa berdampak parah jika terjadi. Penyebab utamanya adalah pemakaian cotton bud.

 

Kotoran telinga, yang terbentuk dari minyak di kulit, keringat, dan sel kulit mati, memiliki peran penting dalam melindungi telinga dari iritan seperti debu, kotoran, bakteri, dan jamur. Ketika mandi atau berbicara, kotoran telinga akan secara alami terdorong ke luar.

 

Mencoba membersihkan telinga dengan lidi kapas bisa mengiritasi kulit bagian dalam telinga yang lembut dan mendorong kotoran masuk ke dalam saluran telinga. Ini dapat menyebabkan gejala seperti gatal, sakit, atau pusing, bahkan mengganggu pendengaran.

BACA JUGA:Cukup di Rumah, Ini Cara Mudah Menjaga Kulit Wajah Agar Tetap Cantik

Cara terbaik untuk membersihkan telinga adalah membiarkan kotoran telinga. Namun, jika Anda merasa perlu membersihkannya, ikuti tips berikut:

- Gunakan lap lembut yang sudah dibasahi untuk membersihkan bagian luar telinga.

- Gunakan tetes telinga yang bisa dibeli di toko obat untuk melunakkan kotoran telinga.

Sumber: