Jangan Dianggap Sepele, Perut Buncit Bisa Jadi Sarang Sel Kanker!

Jangan Dianggap Sepele, Perut Buncit Bisa Jadi Sarang Sel Kanker!

Jangan Dianggap Sepele, Perut Buncit Bisa Jadi Sarang Sel Kanker!--DOK/Net

Jangan Dianggap Sepele, Perut Buncit Bisa Jadi Sarang Sel Kanker!

RK ONLINE - Perut buncit adalah suatu kondisi yang membuat perut terlihat bengkak dan membesar. Perut buncit tidak hanya akan memengaruhi penampilan Anda, namun juga dapat mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, apa penyebab perut buncit? Salah satu penyebab perut buncit yang paling umum adalah obesitas. Obesitas disebabkan oleh penumpukan lemak berlebih karena kurangnya pembakaran kalori yang dilakukan oleh tubuh.

Anda bisa menyimak penyebab lain dari perut buncit serta cara mengatasinya melalui ulasan berikut ini. Ada beragam penyebab perut buncit, mulai dari hamil, obesitas, gangguan pencernaan, penumpukan cairan, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Ternyata Ini Alasan Kenapa Real Madrid Disebut Raja Klub Eropa

1. Obesitas

Gejala umum dari obesitas yaitu adanya penumpukan lemak di perut sehingga mengakibatkan perut terlihat buncit. Penyebab utama obesitas adalah asupan kalori dalam tubuh yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah kalori yang dibakar. Obesitas juga bisa dipicu oleh beberapa faktor lain, di antaranya:

Jarang berolahraga.

Gaya hidup sedentari (sedentary lifestyle), yaitu gaya hidup yang membuat seseorang sangat sedikit melakukan aktivitas fisik.

Kebiasaan begadang. Begadang dapat mengakibatkan produksi hormon pengatur rasa lapar, yaitu ghrelin dan leptin menjadi tidak seimbang. Hal ini dapat membuat tubuh merasa lapar hingga konsumsi makanan menjadi tidak terkontrol.

Konsumsi makanan tinggi kalori dan lemak berlebih.

Konsumsi alkohol berlebih. Konsumsi alkohol berlebih juga dapat menurunkan produksi hormon pengatur rasa lapar dan memicu asupan glukosa berlebih yang mengakibatkan terjadinya penumpukan lemak di perut.

Stres berlebih. Stres bisa meningkatkan produksi hormon kortisol yang dapat memengaruhi metabolisme tubuh. 

Perut buncit karena obesitas tidak boleh dibiarkan begitu saja karena berisiko menyebabkan komplikasi lain, seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan lain sebagainya.

2. Sembelit (Konstipasi)

Sumber: