Telur, Lauk Favorit dengan Banyak Manfaat Gizi

Telur, Lauk Favorit dengan Banyak Manfaat Gizi

Telur, Lauk Favorit dengan Banyak Manfaat Gizi/--www.istockphoto.com

Telur, Lauk Favorit dengan Banyak Manfaat Gizi

RK ONLINE - Telur telah lama menjadi lauk favorit di meja makan masyarakat dunia. Dikenal dengan rasa yang lezat dan harga yang terjangkau, telur juga memiliki kemudahan dalam pengolahan serta dapat dicampurkan ke dalam berbagai masakan untuk meningkatkan cita rasa.

 

Ahli diet terkemuka, Susan Campbell, RD, menjelaskan bahwa satu butir telur mengandung berbagai nutrisi penting seperti 6 gram protein, vitamin A, vitamin E, vitamin B12, vitamin B9 (folat), dan lutein.

BACA JUGA:Rahasia Kulit Sehat dan Bersinar, Ini Tips Agar Wajah Cerah Hanya Dengan Kebiasaan Sehari-hari

 "Bagi seseorang dengan anggaran terbatas, ini adalah sumber nutrisi berkualitas tinggi yang murah dan bergizi," kata Campbell.

 

Perlu diketahui, putih telur dan kuning telur memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Putih telur kaya akan protein, sedangkan kuning telur mengandung lebih banyak lemak jenuh dan kolesterol.

 

Studi menunjukkan bahwa kuning telur memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, serta dapat meningkatkan daya ingat dan memberikan perlindungan kardiovaskular. 

BACA JUGA:7 Tips Mudah Untuk Menjaga Kesehatan Otak

Namun, bagi mereka yang memiliki risiko penyakit kardiovaskular atau kadar kolesterol tinggi, sebaiknya membatasi konsumsi telur utuh hanya tiga hingga empat butir per minggu.

 

Campbell menyarankan untuk menghindari konsumsi lebih dari satu kuning telur setiap hari karena kandungan lemak jenuhnya dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah. 

Sumber: