Formasi CPNS 2024, Cek Apa Saja Formasi Prioritas Pemerintah Untuk IKN

Formasi CPNS 2024, Cek Apa Saja Formasi Prioritas Pemerintah Untuk IKN

Formasi CPNS 2024, Cek Apa Saja Formasi Prioritas Pemerintah Untuk IKN/--mmc.tirto.id

Formasi CPNS 2024, Cek Apa Saja Formasi Prioritas Pemerintah Untuk IKN

RK ONLINE - Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini, menyatakan bahwa formasi rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 akan diberikan prioritas untuk penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

 

Dalam Rapat Pimpinan Kementerian PANRB di Jakarta pada Senin (29/1/2024), Rini menegaskan beberapa kriteria untuk CPNS 2024 yang akan dipindahkan ke IKN. Mereka diharapkan memiliki prestasi akademik yang baik, keahlian yang memadai, kemampuan multitasking, dan penguasaan literasi digital berdasarkan hasil asesmen Badan Kepegawaian Negara (BKN).

BACA JUGA:Pemerintah Berencana Buka Seleksi CPNS 2024 Khusus Fresh Graduate

"Persyaratan kompetensi yang lain tentunya mereka harus menguasai penerapan nilai-nilai BerAKHLAK," ungkap Rini.

 

Lebih lanjut, Rini menjelaskan beberapa prinsip pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke IKN. Salah satunya adalah seluruh ASN kementerian/lembaga yang bekerja di Satuan Kerja (Satker) Pusat akan dipindahkan dengan skema bertahap berdasarkan penapisan kelembagaan dan ketersediaan hunian.

 

"ASN yang dipindahkan pada tahap pertama perlu diberikan tunjangan khusus (tunjangan sebagai pionir) dan formasi CPNS tahun 2024 dipersiapkan untuk menjadi prioritas pindah ke IKN," tambahnya.

BACA JUGA:Penetapan NIP CPNS Jadi Tahap Akhir Rekrutmen CPNS 2023, Berikut Ini Penjelasan Lengkap Tentang NIP CPNS!

Pemerintah telah mengumumkan pembukaan sebanyak 2,3 juta posisi dalam Rekrutmen Seleksi CPNS dan PPPK 2024. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan bahwa Seleksi CPNS dan PPPK 2024 akan difokuskan pada formasi guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan.

 

Proses rekrutmen CPNS dan PPPK 2024 akan dilakukan dalam tiga periode. Pengumuman dan seleksi administrasi Seleksi CPNS dan Seleksi Kedinasan pada periode I akan dimulai pada minggu ketiga bulan Maret 2024. Sementara itu, periode II akan dilaksanakan pada bulan Juni 2024, dan periode III pada bulan Agustus 2024.

Sumber: