Pemerintah Berencana Buka Seleksi CPNS 2024 Khusus Fresh Graduate

Pemerintah Berencana Buka Seleksi CPNS 2024 Khusus Fresh Graduate

Pemerintah Berencana Buka Seleksi CPNS 2024 Khusus Fresh Graduate/--tribunnews.com

Pemerintah Berencana Buka Seleksi CPNS 2024 Khusus Fresh Graduate

RK ONLINE - Pemerintah sedang mempersiapkan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 yang akan segera dibuka. Rencananya, akan ada banyak kesempatan bagi lulusan baru atau fresh graduate untuk bergabung dengan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

 

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas, sekitar 200 ribu formasi akan tersedia untuk CPNS IKN. Formasi tersebut ditujukan untuk pemerintah pusat, dengan mayoritas akan ditempatkan di IKN di berbagai kementerian dan lembaga.

BACA JUGA:Penetapan NIP CPNS Jadi Tahap Akhir Rekrutmen CPNS 2023, Berikut Ini Penjelasan Lengkap Tentang NIP CPNS!

Anas menjelaskan bahwa para CPNS baru akan pertama-tama ditempatkan di pemerintahan pusat di DKI Jakarta. Setelah persiapan hunian dan infrastruktur pendukung selesai, mereka akan dipindahkan ke IKN. Waktu pasti pemindahan mereka masih harus ditentukan berdasarkan kesiapan tempat dan kebutuhan kementerian/lembaga yang berpindah ke IKN.

 

Namun, Anas belum bisa memastikan apakah pemindahan akan terjadi tahun ini atau tahun depan, tergantung pada ketersediaan fasilitas. Jumlah formasi yang disiapkan akan disesuaikan dengan kebutuhan di IKN, termasuk dari kementerian dan lembaga yang berpindah.

 

Lebih lanjut, Anas menjelaskan bahwa jumlah 200 ribu CPNS ini tidak termasuk 3.246 ASN yang akan dipindahkan ke IKN mulai bulan Juli hingga November 2024. Para ASN ini akan didahulukan sebelum CPNS baru direkrut.

BACA JUGA:Jangan Lewatkan, Ini Sederet Formasi CPNS 2024 Untuk Lulusan S1 Semua Jurusan

Total keseluruhan formasi untuk CPNS tahun 2024 adalah 2,3 juta. Instansi pusat mendapat 429.183 formasi, terdiri dari 207.247 CPNS dan 221.936 PPPK. Sedangkan instansi daerah mendapat 1.867.333 formasi, terdiri dari 483.575 CPNS dan 1.383.758 PPPK.

 

Kebutuhan instansi pusat difokuskan pada pelayanan dasar, dengan alokasi yang mencakup CPNS umum atau fresh graduate serta PPPK.

Sumber: