Benarkah Menahan Kencing Dapat Menyebabkan Penyakit, Simak Penjelasanya!

Benarkah Menahan Kencing Dapat Menyebabkan Penyakit, Simak Penjelasanya!

Benarkah Menahan Kencing Dapat Menyebabkan Penyakit, Simak Penjelasanya!/--www.istockphoto.com

Benarkah Menahan Kencing Dapat Menyebabkan Penyakit, Simak Penjelasanya!

RK ONLINE - Seiring dengan berbagai tuntutan harian, seringkali kita menemukan diri kita dalam situasi di mana menahan kencing menjadi pilihan. Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah apakah menahan kencing dapat menyebabkan penyakit ataukah hanya mitos belaka?

 

Menurut para ahli kesehatan, menahan kencing sesekali tidak akan langsung menyebabkan penyakit. Tubuh manusia dirancang dengan kemampuan untuk menahan urine untuk sementara waktu. Akan tetapi, menahan kencing secara terus-menerus atau sering dapat berpotensi menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

BACA JUGA:Rahasia Meningkatkan Mood, Mendengarkan Musik dan Bernyanyi Sebagai Solusinya

1. Risiko Infeksi Saluran Kemih (ISK):

Salah satu risiko utama dari menahan kencing adalah peningkatan risiko infeksi saluran kemih (ISK). Saat urine tertahan dalam kandung kemih, bakteri yang mungkin ada dalam urine memiliki kesempatan lebih besar untuk berkembang biak, yang dapat menyebabkan infeksi.

 

2. Gangguan Fungsi Kandung Kemih:

Menahan kencing secara teratur dapat menyebabkan kandung kemih kehilangan elastisitasnya. Akibatnya, kandung kemih mungkin tidak dapat mengosongkan sepenuhnya saat buang air kecil, yang dapat mengakibatkan peningkatan frekuensi buang air kecil dan meningkatkan risiko infeksi.

BACA JUGA:Apakah Lebih Baik Tidak Sarapan Pagi atau Tidak Makan Siang?

3. Tekanan pada Ginjal:

Menahan kencing dapat meningkatkan tekanan pada ginjal. Tekanan yang berlebihan pada ginjal dapat memengaruhi fungsi mereka dan meningkatkan risiko masalah ginjal jangka panjang.

 

Sumber: