Minum Teh Dapat Membantu Memperlambat Penuaan, Hasil Studi Terbaru!

Minum Teh Dapat Membantu Memperlambat Penuaan, Hasil Studi Terbaru!

Minum Teh Dapat Membantu Memperlambat Penuaan, Hasil Studi Terbaru!/--www.istockphoto.com

Minum Teh Dapat Membantu Memperlambat Penuaan, Hasil Studi Terbaru!

RK ONLINE  - Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi proses penuaan adalah pola makan, dan makanan yang kita konsumsi berperan penting dalam menunjang aktivitas mikrobial dalam tubuh. 

 

Sebuah studi terbaru menyoroti bahwa minuman teh, yang telah lama dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan, ternyata juga dapat membantu memperlambat proses penuaan.

BACA JUGA:Mengungkap Fakta: Benarkah Banyak Pikiran Benar-Benar Bisa Menurunkan Berat Badan?

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal The Lancet Regional Health-Western Pacific, para peneliti dari Sichuan University di China menganalisis efek minum teh terhadap proses penuaan dengan melibatkan hampir 14.000 partisipan berusia 30-79 tahun. 

Partisipan diminta untuk mengungkapkan jumlah teh yang mereka konsumsi setiap hari, dan kemudian peneliti menganalisis indikasi penuaan pada partisipan tersebut.

 

Dari hasil analisis data, peneliti menemukan bahwa kebiasaan mengonsumsi teh berkaitan dengan perlambatan proses penuaan, terutama pada mereka yang mengonsumsi teh dalam jumlah sedang atau yang tidak berlebihan.

BACA JUGA:Jangan Dicampur! Berikut Ini Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersamaan dengan Semangka

"Kaitan tersebut menunjukkan bahwa mengonsumsi sekitar tiga cangkir teh, atau 6 sampai 8 gram daun teh setiap hari, berpotensi memberikan manfaat antipenuaan," demikian tulis para peneliti seperti yang dilansir dari Newsweek.

 

Peneliti menjelaskan bahwa teh kaya akan polifenol dan antioksidan, substansi ini dapat mengurangi peradangan, membersihkan sisa racun dari dalam tubuh, dan mendukung proses pergantian sel. Polifenol juga mendukung kinerja mikroba dalam usus, sehingga berpengaruh pada metabolisme, kekebalan tubuh, dan fungsi kognitif.

 

Sumber: