MenPANRB Sebut Dalam Setahun Rekrutmen ASN Dilaksanakan Berulang Kali

MenPANRB Sebut Dalam Setahun Rekrutmen ASN Dilaksanakan Berulang Kali

MenPANRB Sebut Dalam Setahun Rekrutmen ASN Dilaksanakan Berulang Kali/--cdn.undiksha.ac.id

MenPANRB Sebut Dalam Setahun Rekrutmen ASN Dilaksanakan Berulang Kali

RK ONLINE - Pemerintah Indonesia mengumumkan bahwa rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun ini dapat dilakukan lebih dari satu kali dalam setahun, sebagai langkah fleksibilitas penataan ASN yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN.

 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas menjelaskan bahwa perubahan ini bertujuan untuk memberikan ruang yang lebih terbuka dan memudahkan pemerintah dalam mengatur rekrutmen dari pusat hingga daerah. Ini diharapkan dapat membuat organisasi berjalan secara dinamis, tidak terpaku pada pola tertentu.

BACA JUGA:Tipe All New Toyota Rush 2024, Tapil dengan Fitur Modern dan Performa Paling Unggul di Kelasnya

Anas mencontohkan bahwa institusi swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dinamis tidak harus menunggu siklus tahunan untuk melakukan rekrutmen. Dengan cara ini, organisasi dapat lebih mudah beradaptasi dengan tantangan yang sangat dinamis.

 

Presiden Joko Widodo sebelumnya telah mengumumkan rekrutmen sebanyak 2,3 juta orang pada tahun ini. Anas menyatakan bahwa rekrutmen berpotensi dilakukan lebih dari satu kali, dan jadwal seleksi akan segera diumumkan setelah pembahasan teknis dengan seluruh instansi terkait.

 

Tahap pertama rekrutmen ASN 2024, yang melibatkan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dijadwalkan dilaksanakan pada Mei 2024. 

BACA JUGA:Tak Perlu Bimbel, Belajar di Rumah Juga Bisa Lulus CASN 2023, Begini Caranya!

Anas mengimbau semua kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk memasukkan data dalam platform digital yang disiapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

 

Pemerintah sedang melakukan pembahasan teknis cepat dengan seluruh instansi terkait, termasuk para pengelola kepegawaian, untuk memastikan pelaksanaan pengadaan ASN tahun ini. 

Sumber: