Jangan Sepelekan Ruam Pada Kulit, Bisa Jadi Tanda Gejala HIV

Jangan Sepelekan Ruam Pada Kulit, Bisa Jadi Tanda Gejala HIV

Jangan Sepelekan Ruam Pada Kulit, Bisa Jadi Tanda Gejala HIV/--www.istockphoto.com

Jangan Sepelekan Ruam Pada Kulit, Bisa Jadi Tanda Gejala HIV

RK ONLINE - HIV dan AIDS adalah kondisi kesehatan yang serius dan perlu dipahami dengan baik oleh masyarakat. 

Penyakit HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah penyakit yang paling ditakuti karena belum ada vaksin atau obat yang bisa menyembuhkannya. Kenali gejala dari HIV untuk melakukan deteksi dini.

BACA JUGA:Banyak yang Belum Tahu Sejarah Penyebaran Virus HIV, Benarkah Berawal Dari Seekor Simpanse?

Virus yang mematikan ini akan menyerang sistem kekebalan yang membuat tubuh kehilangan kemampuan untuk melawan penyakit, sehingga tubuh lebih rentan terhadap berbagai penyakit.

 

Jika gejala ini tidak segera diobati, maka bisa menyebabkan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) yang merupakan penyakit mematikan. AIDS timbul sebagai dampak berkembangbiaknya virus HIV di dalam tubuh manusia.

 

Gejala-gejala yang muncul dari HIV bisa mempengaruhi seseorang secara bertahap. Setelah virus memasuki tubuh, maka virus akan berkembang dengan cepat. Salah satu gejala yang paling menohok, adalah dengan kemunculan ruam pada permukaan kulit.

BACA JUGA:2 Hal Ini Berpotensi Tinggi Penularan Virus HIV, Ini Cara Mencegahnya

Virus ini akan menyerang limfosit CD4 (sel T) dan menghancurkan sel-sel darah putih sehingga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Setiap tahapan dari infeksi akan menunjukkan gejala yang berbeda.

 

Tanda-tanda Gejala HIV :

Tahap 1 Infeksi HIV Akut

Sumber: