Seleksi ASN 2024, Presiden Jokowi Tekatkan Fokus Fresh Graduate Untuk IKN

Seleksi ASN 2024, Presiden Jokowi Tekatkan Fokus Fresh Graduate Untuk IKN

Seleksi ASN 2024, Presiden Jokowi Tekatkan Fokus Fresh Graduate Untuk IKN/--www.setneg.go.id

Seleksi ASN 2024, Presiden Jokowi Tekatkan Fokus Fresh Graduate Untuk IKN

RK ONLINE - Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (MenPAN RB), Abdullah azwar anas, terkait rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2024. Presiden menekankan bahwa rekrutmen ASN fresh graduate akan difokuskan terutama di Ibu Kota Nusantara (IKN).

 

Anas mengungkapkan hal ini setelah rapat terbatas bersama Presiden di Istana Negara, Jakarta pada Jumat 29 Desember 2023.

"Kami melaporkan persiapan rekrutmen ASN tahun 2024. Beliau (Presiden) menginginkan para fresh graduate yang memiliki bakat-bakat hebat diberi kesempatan lebih di IKN. Itu pesan beliau," ujar Anas dalam keterangannya kepada pers.

BACA JUGA:Pemerintah Beberkan Peserta Prioritas Seleksi CASN 2024

Pemerintah berencana membuka perekrutan ASN pada tahun 2024, terutama untuk lulusan baru universitas atau fresh graduate dengan fokus pada talenta digital. Namun, Anas belum membeberkan jumlah formasi yang akan tersedia.

 

"Jumlahnya belum bisa saya umumkan hari ini karena Presiden akan mengumumkan pada minggu pertama bulan Januari," tambahnya.

 

Anas juga menyampaikan rencana penyelesaian terhadap 1,6 juta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

BACA JUGA:Berkat UU Nomor 20 Tahun 2023, Tenaga Honorer Lulusan SMA Berpeluang Jadi ASN 2024

"Kita akan menyelesaikan hal ini dan skenario rekrutmennya akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah," jelasnya.

 

Sumber: