5 Minuman yang Bantu Menurunkan Gula Darah Saat Liburan

5 Minuman yang Bantu Menurunkan Gula Darah Saat Liburan

5 Minuman yang Bantu Menurunkan Gula Darah Saat Liburan/--www.freepik.com

5 Minuman yang Bantu Menurunkan Gula Darah Saat Liburan

RK ONLINE - Selama liburan godaan camilan manis seperti permen, kue kering, atau cokelat sering kali menggoda. Namun, konsumsi makanan manis berlebihan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, mengakibatkan potensi masalah kesehatan. Bagaimana cara menyeimbangkan kondisi ini?

 

Berikut adalah beberapa minuman yang dapat membantu menurunkan gula darah, membantu menjaga kesehatan, dan mencegah risiko berbagai penyakit:

BACA JUGA:Hindari Saraf Kejepit, Begini Posisi Tubuh yang Benar Saat Mengangkat Galon

Air Putih

Air putih menjadi minuman sederhana yang membantu menurunkan gula darah. Studi yang dipublikasikan di Diabetes & Metabolic Syndrome: Clinical Research & Reviews menunjukkan bahwa konsumsi air putih dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 6 persen. Air putih juga meningkatkan volume darah dan membantu dalam mengendalikan gula darah.

 

Kopi

Kopi bisa menjadi penurun gula darah yang efektif, terutama jika diminum tanpa gula atau pemanis lainnya. Penelitian di jurnal Nutrients menunjukkan bahwa phytochemical dalam kopi mendukung kesehatan pankreas, organ yang memproduksi insulin.

 

Teh Hijau

Kandungan katekin dalam teh hijau mampu memperlambat penyerapan karbohidrat di sistem pencernaan, meningkatkan metabolisme, dan mengurangi stres oksidatif akibat radikal bebas, membantu menurunkan kadar gula darah.

BACA JUGA:Selain Nikmat, Begini Manfaat Luar Biasa Kopi Untuk Kesehatan Orang Tua

Sumber: