ASN Lajang Pindah Ke IKN Siap-Siap Berbagi Kamar!

ASN Lajang Pindah Ke IKN Siap-Siap Berbagi Kamar!

ASN Lajang Pindah Ke IKN Siap-Siap Berbagi Kamar!/--antaranews.com

ASN Lajang Pindah Ke IKN Siap-Siap Berbagi Kamar!

RK ONLINE - Pemerintah sedang mempersiapkan hunian bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada tahun depan. 

 

Salah satu rencananya adalah menyediakan hunian bagi para ASN lajang atau yang belum menikah dengan skema saling berbagi kamar pada tahap awal.

 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas menjelaskan bahwa dalam tahap awal ini, para ASN yang masih single akan berbagi kamar.

BACA JUGA:Penuhi Syarat Ini, Tenaga Honorer Usia 40 Bisa Diangkat Jadi ASN Tanpa Tes!

"Kami sudah melakukan simulasi di sini, nantinya akan dilakukan koordinasi dengan Kepala IKN untuk menentukan persiapan yang diperlukan. Misalnya, pada bulan Juli, sehingga menjelang upacara peringatan berapa," ungkap Anas.

 

Meskipun demikian, skema ini masih bersifat provisional, Menurut ketrangan dari Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono mengatakan Kemungkinan besar akan ada perubahan skema sehingga ASN tidak perlu berbagi kamar di masa mendatang.

 

"Rencana perubahan skema berbagi kamar ini akan diputuskan dalam Rapat Terbatas dengan Presiden Jokowi. Namun, harapan kami adalah pengalaman yang akan diperoleh oleh para ASN, termasuk Polri, di IKN akan lebih baik dibandingkan dengan kondisi yang mereka rasakan di kementerian dan lembaga sebelumnya," Ujar Bambang.

BACA JUGA:UU ASN Nomor 20 Tahun 2023, Nasib Tenaga Honorer Masih Ngambang

Bambang menjelaskan bahwa penempatan hunian bagi ASN akan dilakukan secara bertahap. Pada Juli 2024, targetnya adalah sekitar 12 tower hunian yang akan selesai dari total 47 tower. Sementara, keseluruhan 47 tower tersebut diharapkan rampung pada akhir 2024.

Sumber: