Tahap SKB dan Tips Persiapan Dalam Proses Seleksi CPNS 2023

Tahap SKB dan Tips Persiapan Dalam Proses Seleksi CPNS 2023

Tahap SKB dan Tips Persiapan Dalam Proses Seleksi CPNS 2023/--www.mahkamahagung.go.i

Tahap SKB dan Tips Persiapan Dalam Proses Seleksi CPNS 2023

RK ONLINE - Proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) masih berjalan dan saat ini telah memasuki tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Bagi yang berminat bergabung sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), persiapan diperlukan sejak dini.

 

Seleksi CPNS melibatkan beberapa tahapan, mulai dari pendaftaran online di SSCN-BKN, seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), hingga tahapan terakhir, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Sejumlah instansi sedang menggelar tes tahap ke-3 dari seleksi nasional ini.

BACA JUGA:Peserta Seleksi CPNS dan PPPK 2023, Cek Sekarang 10 Dokumen Penting yang Harus Disiapkan

Jadwal tahapan SKB CPNS mengambil bentuk Psikotes, Praktik Kerja, dan Wawancara menggunakan Sistem Aplikasi masing-masing instansi. Peserta diwajibkan mengisi Daftar Riwayat Hidup (DRH) secara komprehensif dan membawa dokumen bukti pengalaman kerja serta dokumen pendukung lainnya saat pelaksanaan SKB CPNS.

 

Untuk peserta CPNS Kementerian Agama, disarankan mempersiapkan diri dengan baik, memahami Tata Tertib SKB CAT CPNS, serta memeriksa Daftar Peserta sebelum mengikuti Tes SKB.

 

Peserta yang akan mengikuti Tes SKB CAT CPNS 2023 adalah mereka yang telah lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Tahap 3 seleksi nasional ini, termasuk wawancara, berlangsung dari tanggal 3 hingga 22 Desember 2023 di berbagai instansi.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Ditegur Terkait Dugaan Manipulasi Nilai CPNS 2018 di Universitas Tadulako

Namun, tidak semua instansi menyelenggarakan Tes Wawancara SKB CPNS 2023. Tes ini hanya dilakukan oleh beberapa instansi seperti Departemen Agama. Oleh karena itu, peserta yang terpilih di beberapa instansi perlu mempersiapkan diri agar memiliki kesempatan lebih besar untuk lulus.

 

Setelah seleksi kompetensi dasar (SKD), panitia seleksi akan menggabungkan nilai SKD dan SKB mulai tanggal 23 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024. Kemudian, pengumuman kelulusan CPNS 2023 akan disampaikan pada tanggal 5 hingga 12 Januari 2024.

Sumber: