Keutamaan Dzikir Pagi yang Perlu Diketahui Bagi Umat Muslim

Keutamaan Dzikir Pagi yang Perlu Diketahui Bagi Umat Muslim

Keutamaan Dzikir Pagi yang Perlu Diketahui Bagi Umat Muslim/--www.shutterstock.com

Keutamaan Dzikir Pagi yang Perlu Diketahui Bagi Umat Muslim

RK ONLINE - Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk memulai dengan dzikir dan doa kepada Allah SWT. Hal ini menjadi langkah awal yang disarankan Nabi Muhammad SAW bagi umatnya. Kenapa dzikir di pagi hari itu penting? Salah satunya adalah karena doa pagi memiliki manfaat besar dalam membawa kelapangan rezeki dan kemudahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

 

Nabi Muhammad SAW sendiri senantiasa berdzikir di pagi hari, berharap atas berkah dan datangnya rezeki. Beliau biasa membaca dzikir yang terdapat dalam hadis riwayat Muslim:

BACA JUGA:Jangan Dianggap Enteng, Ini Hukumnya Jika Umat Muslim Menunda Mandi Wajib

"لا إله إلا الله وحده لا شريك له، له الملك وله الحمد وهو على كل شيء قدير، اللهم لا مانع لما أعطيت ولما معطي لما منعت ولا ينفع ذا الجد منك الجد"

 

Artinya: "Tiada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, baginya semua kekuasaan dan semua pujian, Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tiada yang bisa menghalangi apa yang Engkau berikan dan tiada yang bisa memberi apa yang Engkau halangi. Tidaklah bermanfaat kekayaan dan harta benda bagi pemiliknya, dari-Mu lah segala kekayaan." (HR Muslim)

 

Nabi SAW menegaskan agar umatnya tidak berputus asa dari rahmat Allah SWT dan senantiasa berprasangka baik kepada-Nya. Seorang Muslim harus percaya bahwa apa pun yang terjadi adalah kebaikan dari Allah dan bahwa takdir ada di tangan-Nya.

 

Keutamaan dzikir yang disebutkan dalam kitab Imam Ibnu Qayyim, Madarij as-Salikin, antara lain:

BACA JUGA:Muslim Wajib Tahu! Ternyata Ada Tanda-Tanda Rezeki yang Membawa Azab dari Allah SWT

- Mendapatkan Banyak Keberuntungan: Orang yang rutin dalam dzikir akan terus mendapat keberuntungan, seperti diliputi malaikat, rahmat Allah, dan ketenangan.

Sumber: