Manfaat Olahraga Kardio, Mampu Menurunkan Berat Badan dan Kesehatan Tubuh

Manfaat Olahraga Kardio, Mampu Menurunkan Berat Badan dan Kesehatan Tubuh

Manfaat Olahraga Kardio, Mampu Menurunkan Berat Badan dan Kesehatan Tubuh/--www.freepik.com

Manfaat Olahraga Kardio, Mampu Menurunkan Berat Badan dan Kesehatan Tubuh

RK ONLINE - Olahraga kardio, yang melibatkan peningkatan detak jantung dan pemeliharaannya dalam periode waktu tertentu, telah terbukti menjadi pilihan aktivitas fisik yang luar biasa untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

Beberapa jenis olahraga kardio yang populer antara lain berlari, berenang, bersepeda, lompat tali, aerobik, jalan cepat, zumba, hingga sepeda statis. Jenis aktivitas ini telah menjadi favorit banyak orang karena tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan jantung, tetapi juga membantu menurunkan berat badan.

BACA JUGA:Apa Benar Ada Olahraga Pagi Yang Membuat Awet Muda, Simak Ulasannya!

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa olahraga kardio dapat menjadi aktivitas fisik ideal untuk mengurangi risiko penyakit kronis, meningkatkan kualitas hidup, dan memperpanjang umur. Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah seberapa efektif olahraga kardio dalam menurunkan berat badan?

 

Menurut Austin "Ozzie" Gontang, seorang psikoterapis bersertifikat dan direktur San Diego Marathon Clinic, olahraga kardio termasuk aktivitas yang dapat membakar kalori. Berbagai jenis olahraga kardio memiliki tingkat pembakaran kalori yang berbeda-beda, dengan berlari terbukti membakar lebih banyak kalori dibandingkan aktivitas kardio lainnya, seperti berenang dan bersepeda.

 

"Semakin banyak kalori yang dibakar, semakin banyak pula berat badan yang turun," jelas Dr. Gontang.

BACA JUGA:Dr Zaidul Akbar Ungkap Penyebab Perut Buncit dan Solusinya Tanpa Olahraga

Penting untuk diingat bahwa penurunan berat badan secara umum terjadi ketika jumlah kalori yang dibakar lebih besar daripada jumlah kalori yang dikonsumsi. Dalam hal ini, olahraga kardio tidak hanya membantu membakar kalori tetapi juga dapat membantu membangun jaringan otot.

 

Dengan melakukan latihan kardio secara teratur, tubuh cenderung membakar lemak sebagai sumber energi, menyebabkan penurunan lemak tubuh dan perubahan positif dalam komposisi tubuh.

Sumber: