WASPADA Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi!

WASPADA Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi!

WASPADA Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi!/---magma.vsi.esdm.go.id

WASPADA Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi!

RK ONLINE - Gunung Anak Krakatau kembali meletus pada pukul 06.00 WIB pada Kamis, 7 Desember 2023. Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan bahwa erupsi ini menyemburkan abu vulkanik sekitar 500 meter dari puncak gunung dan mencapai ketinggian 657 meter di atas permukaan laut.

 

Erupsi tersebut terekam dalam seismogram dengan amplitudo maksimum mencapai 22 milimeter dengan durasi sekitar sembilan detik. Kolom abu yang teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal yang condong ke arah utara laut.

BACA JUGA:Gunung Marapi Sumbar Terus Semburkan Abu Vulkanik, Warga Diingatkan Kurangi Aktivitas di Luar Rumah

Kepala Pos Pantau Gunung Anak Krakatau di Hargopancuran, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, Andi Suardi, menjelaskan bahwa Gunung Anak Krakatau saat ini berada pada status Level III atau Siaga.

 

PVMBG telah merekomendasikan agar masyarakat tidak mendekati Gunung Anak Krakatau atau melakukan aktivitas di dalam radius lima kilometer dari kawah aktif gunung tersebut.

 

Andi juga menegaskan bahwa pemukiman terdekat dari Gunung Anak Krakatau terletak di Pulau Sebesi yang berjarak 16,5 kilometer.

BACA JUGA:Korban Meninggal Akibat Erupsi Gunung Marapi Bertambah, Totalnya Sudah 23 Orang!

"Saat ini Gunung Anak Krakatau berada pada Level III, Siaga, dengan rekomendasi agar masyarakat, nelayan, dan pendaki gunung tidak mendekati gunung dalam radius lima kilometer," ujarnya.

 

Gunung Anak Krakatau telah beberapa kali mengalami letusan sejak kelahirannya pada Juni 1927. Sifat letusannya termasuk erupsi eksplosif dan erupsi efusif, dengan periode istirahat letusannya berkisar antara satu hingga enam tahun.

Sumber: