Fakta atau Mitos: Wiper Mobil Harus Diangkat Saat Parkir Agar Awet dan Tahan Lama

Fakta atau Mitos: Wiper Mobil Harus Diangkat Saat Parkir Agar Awet dan Tahan Lama

Fakta atau Mitos: Wiper Mobil Harus Diangkat Saat Parkir Agar Awet dan Tahan Lama---www.freepik.com

Fakta atau Mitos: Wiper Mobil Harus Diangkat Saat Parkir Agar Awet dan Tahan Lama

RK ONLINE - Sebuah pertanyaan umum yang sering muncul dalam komunitas pengemudi adalah apakah sebaiknya wiper mobil diangkat saat mobil parkir. Beberapa berpendapat bahwa mengangkat wiper dapat memperpanjang umur pakai karet wiper, sementara yang lain mengatakan bahwa hal ini tidaklah penting. Mari kita tinjau lebih lanjut.

 

Pendapat yang Menyatakan Harus Diangkat:

BACA JUGA:Cukup Pakai Sampo, Kaca Mobil Berembun Saat Hujan Ternyata Gampang Sekali Diatasi

Beberapa orang meyakini bahwa mengangkat wiper saat mobil parkir, terutama dalam kondisi cuaca ekstrem seperti panas terik atau cuaca dingin yang ekstrem, dapat membantu melindungi karet wiper dari kerusakan akibat suhu yang ekstrim. Mereka berargumen bahwa paparan langsung terhadap sinar matahari atau suhu dingin dapat mempengaruhi kualitas dan kekuatan karet wiper.

 

Faktanya:

Sebenarnya, mengangkat wiper saat mobil parkir bukanlah hal yang wajib dilakukan. Kebanyakan wiper mobil modern dibuat dengan bahan karet yang tahan lama dan dirancang untuk menangani variasi suhu.

Sementara paparan terhadap cuaca ekstrem mungkin memiliki pengaruh dalam jangka panjang, ini tidak akan secara signifikan memperpendek umur pakai wiper dalam jangka pendek.

BACA JUGA:Mitos atau Fakta: Kadar Oli yang Lebih Ecer Dapat Meningkatkan Kinerja Mesin Mobil

Tips Perawatan Wiper Mobil:

- Pastikan karet wiper dalam kondisi bersih dari kotoran atau debris yang dapat merusaknya.

- Bersihkan karet wiper secara berkala dengan menggunakan cairan pembersih kaca untuk memperpanjang umur pakai dan menjaga kualitas pembersih kaca.

Sumber: