SmartASN, KemenPANRB Kembangkan Platform Media Sosial Khusus ASN

SmartASN, KemenPANRB Kembangkan Platform Media Sosial Khusus ASN

SmartASN, KemenPANRB Kembangkan Platform Media Sosial Khusus ASN/---www.menpan.go.id

SmartASN, KemenPANRB Kembangkan Platform Media Sosial Khusus ASN

RK ONLINE - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah mengembangkan platform media sosial khusus bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diberi nama SmartASN. Platform ini tengah diuji coba sebagai pilot project di 78 kementerian, lembaga, dan Otorita Ibu Kota Negara (IKN).

 

Menurut Asisten Deputi Percepatan Transformasi Digital Manajemen SDM Aparatur dari Kementerian PANRB, Katmoko Ari Sambodo, SmartASN memiliki tampilan serupa dengan media sosial umumnya untuk memudahkan penggunaannya. 

BACA JUGA:Sekda Kepahiang Tinjau Langsung Persiapan Lokasi CAT Seleksi PPPK Tenaga Kesehatan, Hartono: Nyaman dan Steril

ASN yang menggunakan platform ini dapat membuat status tanpa batasan karakter dan melihat profil pengguna lain. Setiap pengguna dapat memilih informasi yang ingin ditampilkan dalam profilnya. Saat ini, KemenpanRB bersama instansi terkait sedang mengumpulkan data yang akan dimasukkan ke dalam SmartASN.

 

"Sistemnya mirip dengan media sosial yang biasa kita gunakan. Kita dapat saling mengikuti, berinteraksi, dan lain sebagainya," kata Ari dalam keterangan resmi KemenpanRB.

 

Platform SmartASN akan menyediakan modul pembelajaran gratis dalam beberapa bentuk. Pertama, buku elektronik atau e-book yang dapat dibagikan kepada pengguna lain. Kedua, audio book berupa e-book yang bisa didengar, serta rekaman podcast dan talkshow. Jenis pembelajaran ketiga adalah informasi terkait acara seperti webinar atau seminar yang akan datang.

BACA JUGA:Pengguna Sepeda Motor Dapat Mudik Gratis Nataru 2024 dari Kemenhub

Selain itu, SmartASN memiliki jenis pembelajaran sosial dengan membentuk kelompok belajar. Di sini, terdapat PNS sebagai pembelajar dan pengguna lain sebagai pakar. Platform ini juga memiliki fitur kuis yang bisa diatur waktu tayangnya oleh pengguna.

 

Ari menjelaskan bahwa platform ini juga memiliki fitur "talenta" yang memungkinkan para PNS untuk menyampaikan rencana pengembangan diri dan aspirasi terkait posisi jabatan di masa depan.

Sumber: