Mengaku Sebagai Tuhan, Begini Ciri-Ciri Dajjal Menurut Islam

Mengaku Sebagai Tuhan, Begini Ciri-Ciri Dajjal Menurut Islam

Mengaku Sebagai Tuhan, Begini Ciri-Ciri Dajjal Menurut Islam--DOK/Net

Mengaku Sebagai Tuhan, Begini Ciri-Ciri Dajjal Menurut Islam

RK ONLINE - Dajjal adalah seorang tokoh dalam eskatologi Islam dan Eskatoligi Kristen ortodoks yang akan muncul menjelang kiamat. Dajjal dikatakan kafir dan jahat, pembawa fitnah (ujian) terbesar dan tidak ada ujian yang terbesar selain itu. Kemudian para nabi bahkan jauh sebelum nabi Muhammad S.A.W telah pula menjelaskan tentang Dajal kepada umatnya, hanya saja tidak sedetail penjelasan rasulullah, seperti Dajal adalah seorang yang buta di salah satu matanya.

Dajjal menurut keyakinan para Salafus shalih adalah seorang anak Adam, dirinya bukan dari golongan jin. Dua ulama kontemporer berkata bahwa Dajjal adalah bani Adam, dia butuh makan, minum dan lainnya, oleh karena itu dirinya juga bisa terbunuh. 

BACA JUGA:Usai Menang Atas Kaum Rum dan Berbagi Harta Rampasan, Kemunculan Dajjal Getarkan Umat Islam!

Diriwayatkan bahwa nantinya dajjal akan dibunuh oleh Nabi Isa a.s. Dajjal juga sempat memiliki keluarga yang utuh seperti manusia normal lainnya. Keluarga Dajjal, ayah, ibu, kakek dan nenek moyangnya adalah penyembah berhala. Mereka keturunan Yahudza yang telah menikah selama 30 tahun tetapi belum dikaruniai seorang anak. Dajal dikisahkan tidak memiliki keturunan atau mandul.

Dajjal diceritakan lahir di negeri Samirah, sebuah negeri kecil di Palestina yang kemudian hari menjadi kota besar pada masa Nabi Daud dan setelahnya. Dajjal terlahir dari perkawinan sedarah atau Hubungan sedarah dampak dari perkawinan ini menjadi manusia cacat dengan mata buta sebelah. Selain buta atau cacat pada mata kirinya, dajjal juga diriwayatkan memiliki rambut keriting dan lebat.

BACA JUGA:Berlangsung 4 Hari, 3 Hari Islam Dibantai Kaum Rum dan Menang Telak Pada Perang Hari Terakhir!

Untuk yang masih penasaran, Radarkepahiang.id telah mengumpulkan sejumlah informasi dari beberapa sumber terkait ciri-ciri Dajjal berdasarkan hadist. Berikut ciri-cirinya:

1. Dajjal memiliki cacat atau buta pada mata kirinya:

“Dajjal cacat matanya yang kiri, keriting rambutnya, bersamanya surga dan nerakanya. Nerakanya adalah surga dan surganya adalah neraka.” (HR. Muslim, no. 2934)  

"Dajjal adalah seorang yang cacat mata sebelah kirinya & rambutnya keriting seperti buih karena lebatnya".(HR. Muslim 18:60-61).

BACA JUGA:Masa Jaya Islam di Bawah Kepemimpinan Imam Mahdi, Isa Turun ke Bumi Berantas Dajjal!

2. Dajjal memiliki perawakan besar:

Di antara sifat-sifatnya atau ciri lagi lainnya seperti yang disebutkan dalam hadis Fathimah binti Qais radhiyallahu anhu mengenai kisah Al-Jasasah yang dalam riwayat itu Tamim Ad-Dari radhiyallahu anhu berkata, "Lalu kami berangkat dengan segera sehingga ketika kami sampai di biara tiba-tiba di sana ada seorang yang sangat besar (hebat) dan diikat sangat erat," (Shahih Muslim, Kitabul Fitan wa Asyrathis Sa'ah, Bab Qishshatil Jasasah 18:81)

Sumber: