Mahasiswanya Ditangkap Jadi Joki Tes CPNS, Kampus ITB Buka Suara dan Begini Tanggapannya!

Mahasiswanya Ditangkap Jadi Joki Tes CPNS, Kampus ITB Buka Suara dan Begini Tanggapannya!

Mahasiswanya Ditangkap Jadi Joki Tes CPNS, Kampus ITB Buka Suara dan Begini Tanggapannya!/---www.itb.ac.id

Mahasiswanya Ditangkap Jadi Joki Tes CPNS, Kampus ITB Buka Suara dan Begini Tanggapannya!

RK ONLINE - Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) memberikan tanggapan terkait dugaan kecurangan tes CPNS yang melibatkan salah seorang mahasiswa mereka, RT (20), yang diduga menjadi joki tes CPNS di Bandar Lampung. ITB menyatakan penyesalan mereka atas peristiwa tersebut dan menegaskan bahwa praktik joki bukanlah cerminan dari nilai-nilai institusi mereka.

 

Pelaku yang diduga menjadi joki tes CPNS itu ditangkap oleh Polda Lampung di Gedung Graha Achava, Bandar Lampung, pada Senin 13 November 2023. Identitas peserta tes CPNS dipalsukan dan dimodifikasi oleh tim pelaku, yang kemudian tertangkap saat proses rekam wajah untuk tes.

BACA JUGA:Jadi Joki Tes CPNS Kemenkumham, Mahasiswa Ditangkap Polisi dan Terancam 6 Tahun Penjara!

Kepala Biro Komunikasi dan Humas ITB, Naomi Haswanto, menyatakan bahwa pihak kampus akan melakukan penelusuran terkait kasus ini untuk mengetahui apakah mahasiswa yang terlibat benar berasal dari ITB. Mereka juga akan menunggu proses hukum yang sedang berjalan oleh pihak kepolisian.

 

"Kami akan mempelajari kasus ini terlebih dahulu dan melakukan investigasi. Kami akan mengikuti proses hukum yang berlaku," ungkap Naomi.

 

Naomi menegaskan bahwa apabila pihak kepolisian menetapkan tersangka dan membuktikan keterlibatan mahasiswa ITB, kampus akan mengambil langkah sesuai dengan peraturan akademik yang berlaku di ITB.

 

"Kami akan menindaklanjuti sesuai peraturan akademik yang berlaku di ITB jika mahasiswa tersebut terbukti bersalah sesuai proses hukum yang berlaku," tambahnya.

BACA JUGA:Tertangkap Basah! Mahasiswa Jember Jadi Pelaku Joki SKD CPNS

Kampus ITB menegaskan komitmennya untuk menindak tegas pelanggaran etika akademik. Mereka menekankan pentingnya integritas dan kejujuran di lingkungan kampus untuk menciptakan atmosfer pendidikan yang sehat dan bermartabat.

Sumber: